Dubes Burhan Muhammad Dimakamkan di Yogyakarta

Luhung SaptoLuhung Sapto - Selasa, 19 Mei 2015
Dubes Burhan Muhammad Dimakamkan di Yogyakarta
jenazah Heri Listyawati, istri Dubes Indonesia untuk Pakistan, Burhan Muhammad saat prosesi pemakaman di rumah duka Jl. Agus Salim, Yogyakarta, Kamis (14/5). (Foto Antara/Andreas)

Merah Putih, Nasional-Duta Besar RI untuk Pakistan Burhan Muhammad meninggal dunia setelah sempat mendapat perawatan pascakecelakaan helikopter yang juga menewaskan istrinya, Heri Listyawati di Pakistan, pada Jumat (8/5) lalu.

Burhan menutup usia pada tanggal 19 Mei 2015 Pukul 00.50 waktu setempat di General Hospital Singapore pada usia 58 tahun.

Dalam keterangan persnya, Kementerian Luar Negeri RI menyebut jenazah Burhan menurut rencana akan tiba di Jakarta pada Selasa (19/5) sore ini dan akan disemayamkan di Gedung Pancasila Kemlu RI untuk mendapatkan penghormatan terakhir. Selanjutnya, jenazah akan dibawa ke Yogyakarta ke tempat peristirahatan terakhir.

Menlu Retno Marsudi menyampaikan pernyataan belasungkawa yang sedalam-dalamnya atas meninggalnya Dubes Burhan Muhammad. “Semoga amal ibadah dan pengabdian almarhum diterima di sisi-Nya dan keluarga yang ditinggalkan dikuatkan,” katanya di Ruang Palapa, Kemlu RI, Jakarta.

Burhan meninggal dunia setelah berjuang selama 8 hari di Singapore General Hospital. Beliau dirawat sejak tanggal 12 Mei 2015 akibat kecelakaan helikopter yang terjadi di Girgit Baltistan, Pakistan pada tanggal 8 Mei 2015 yang lalu.

Burhan menyusul mendiang Ibu Heri Listyawati yang telah dimakamkan pada tanggal 15 Mei 2015 di Yogyakarta. Almarhum lahir di Yogyakarta pada tanggal 3 Agustus 1957. Ia mendapatkan gelar sarjana dari Universitas Gajah Mada jurusan Hubungan Internasional pada tahun 1983.

Dia meniti karier di Badan Intelijen Negara (BIN) hingga menjabat sebagai Deputi Luar Negeri dan Deputi Analisa BIN pada tahun 2012. Dubes Burhan Muhammad resmi bertugas sebagai Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh untuk Republik Islam Pakistan yang berkedudukan di Islamabad semenjak menyerahkan surat-surat kepercayaan pada tanggal 12 November 2012.

 

 

#Kecelakaan Helikopter #Heri Listyawati #Burhan Muhammad #Pakistan #Dubes
Bagikan
Ditulis Oleh

Luhung Sapto

Penggemar Jones, Penjelajah, suka makan dan antimasak
Bagikan