Dua Wisatawan Borobudur Positif COVID-19

Zulfikar SyZulfikar Sy - Jumat, 30 Oktober 2020
Dua Wisatawan Borobudur Positif COVID-19
Dinkes Magelang melakukan tes COVID-19 keada pengunjung kawasan Borobudur. ANTARA/Anis Efizudin

MerahPutih.com - Dua wisatawan nusantara yang akan berkunjung di kawasan Borobudur dinyatakan positif COVID-19 setelah menjalani tes sampel cairan dari saluran pernafasan di Tourist Information Center (TIC) Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang Retno Indriastuti mengatakan, ada 150 wisatawan di kawasan Borobudur menjalani tes diagnostik cepat dan enam orang di antaranya reaktif.

Ia mengatakan, dari enam wisatawan yang reaktif tersebut, kemudian dilakukan tes sampel cairan dari saluran pernapasan (tes usap).

Baca Juga:

Wisatawan di Puncak Bogor Jalani Tes COVID-19

Berdasarkan hasil tes usap tersebut, ada dua orang dinyatakan positif COVID-19. Mereka berasal dari Tangerang dan Medan.

"Kami minta yang bersangkutan untuk isolasi mandiri dan bila ada keluhan segera hubungi fasilitas kesehatan terdekat," katanya, di Magelang, Jumat (30/10), dikutip Antara.

Candi Borobudur. (Foto: MP/TWC Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko)
Candi Borobudur. (Foto: MP/TWC Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko)

Selama libur panjang pada 28 Oktober-1 November 2020 Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang secara acak memeriksa pengunjung Borobudur menggunakan alat tes diagnostik cepat untuk mendeteksi penularan COVID-19 di Tourist Information Center (TIC) Borobudur.

Baca Juga:

Libur Panjang, Ragunan Cuma Terima 2000 Wisatawan Per Hari

Pada hari pertama pemeriksaan Rabu (28/10) dilakukan tes cepat terhadap 155 pengunjung kawasan Borobudur, 15 orang di antaranya reaktif. Namun, setelah ditindaklanjuti dengan tes usap hasilnya juga negatif.

Kemudian pada pemeriksaan hari kedua Kamis (29/10) dilakukan tes diagnostik cepat terhadap 150 pengunjung, delapan di antaranya reaktif, tetapi setelah dilakukan tes usap hasilnya negatif COVID-19. (Knu)

Baca Juga:

Libur Panjang, Objek Wisata Candi Cetho di Karanganyar Diserbu Pengunjung

#Candi Borobudur #Virus Corona
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan