Dua Warga Yogyakarta Sembuh dari Corona RSPAU Hardjolukito Yogyakarta merawat pasien positif COVID-19. ANTARA/Hery Sidik

MerahPutih.com - Harapan kesembuhan mencuat di tengah mewabahnya COVID-19. Dua warga Yogyakarta berstatus pasien dalam pengawasan (PDP) positif sembuh dari corona.

Juru Bicara Pemda DIY untuk Penanganan COVID-19 Berty Murtiningsih mengatakan, pasien sembuh pertama adalah Pasien Kasus 5 di DIY.

Baca Juga:

Program Jaring Pengaman Sosial Harus Dipastikan Tepat Sasaran

"Pasien tersebut berjenis kelamin perempuan. Berusia 30 tahun asal Kabupaten Sleman," jelas Berty kepada wartawan, Kamis (2/4) 2020.

Pasien ini dirawat di RSUP Sardjito sejak 17 Maret, dan dinyatakan sembuh pada 30 Maret 2020.

Sementara pasien kedua yang sembuh berjenis kelamin laki- laki. Ia berusia 60 tahun dan dirawat di RSUP Kota Yogyakarta.

"Mulai dirawat sejak 14 Maret dan dinyatakan sembuh hari ini," jelas Berty.

Ilustrasi petugas medis membawa pasien terindikasi COVID-19 (Foto ANTARA)
Ilustrasi petugas medis membawa pasien terindikasi COVID-19 (Foto ANTARA)

Kedua pasien ini pernah memiliki riwayat perjalanan ke Jakarta dan langsung menunjukkan gejala COVID-19 usai kembali ke Yogyakarta.

Kepala Bagian Hukum dan Hubungan Masyarakat (Hukmas) RSUP Dr Sardjito Yogyakarta Banu Hermawan membenarkan kabar baik ini. Kabar ini semakin menguatkan bahwa pasien COVID-19 bisa disembuhkan.

"Selama dalam perawatan, kami pantau kesehatannya, terutama sesak nafas. Kami yakinkan kembali kalau COVID-19 itu bisa disembuhkan" imbuhnya.

Baca Juga:

MUI Ingatkan Pemerintah Transparan Kelola Anggaran Penanggulangan COVID-19

Hingga kini, Gugus Tugas Penanganan Convid-19 DIY mencatat total ada tiga pasien positif yang sembuh. Sebelumnya seorang balita berusia 3 tahun dinyatakan sembuh corona pada 20 Maret 2020.

Total PDP di wilayah DIY yang sudah diperiksa sebanyak 285 orang. Dari jumlah tersebut, 29 orang dinyatakan positif dan 72 di antaranya negatif. Tiga dari 29 pasien yang positif meninggal dunia. (Teresa Ika)

Baca Juga:

Pemprov DKI dan Kemensos Sepakat Beri Rp1 Juta Bagi Warga Terdampak COVID-19


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH