Dua Tempat di Indonesia yang Terdapat Salju Selain Puncak Jayawijaya Gunung Semeru (Instagram/wandi_ngaprak)

TENTUNYA semua orang tahu kalau Indonesia adalah negara yang hanya memiliki 2 iklim atau biasa disebut tropis. Hal tersebut lantaran Nusantara tepat berada digaris khatulistiwa.

Namun bukan berarti Indonesia tak memiliki salju seperti negara-negara subtropis. Contohnya saja Gunung Jayawijaya yang ada di Papua. Di sana kita bisa melihat salju abadi layaknya Gunung Himalaya di Tibet.

Salju ini terbentuk lantaran Gunung Jayawijaya memiliki ketinggian 4.884 Mdpl yang merupakan gunung tertinggi di Indonesia. Sayangnya, akibat pemanasan global salju ini semakin lama semakin menyusut. Bahkan dikabarkan akan lenyap seiring berjalannya waktu.

Sebenarnya ada lho beberapa lokasi lagi yang ternyata juga terdapat 'salju'. Meski tak sebanyak Gunung Jayawijaya, keeksotisan 'salju' tersebut menambah keindahan di beberapa tempat ini.

Dataran Tinggi Dieng

'Salju di Dataran Tinggi Dieng (Instagram/bikinkerenindonesia)
'Salju' di Dataran Tinggi Dieng (Instagram/bikinkerenindonesia)

Salah satu daerah yang memiliki penampakan 'salju' adalah Dataran Tinggi Dieng. Hal ini lantaran daerah yang terletak di Jawa Tengah itu kerap memiliki suhu udara hampir di bawah nol derajat celcius.

Karena terdapat suhu yang sangat dingin itu di sekitar Dataran Tinggi Dieng muncul embun upas. Embun inilah yang kerap disebut sebagai 'salju' Dieng.

Kabut di Dataran Tinggi Dieng (Instagram/bikinkerenindonesia)
Kabut di Dataran Tinggi Dieng (Instagram/bikinkerenindonesia)

Fenomena yang mengagumkan ini membuat Dieng dijuluki Eropanya Indonesia. Julukan lainnya adalah Negeri di Atas Awan, karena seringnya kabut turun di dataran ini.

Ranu Kumolo

Sama seperti Dataran Tinggi Dieng, Ranu Kumolo di puncak Gunung Semeru pun terdapat 'salju' yang terbentuk dari embun-embun di sana.

Bahkan belum lama ini fenomena 'salju' di Ranu Kumolo membuat geger terutama para pendaki. Sebenarnya 'salju' di Runu Kumolo hampir terjadi di setiap tahun, sayangnya fenomena alam ini kurang tenar dibandingkan 'salju' di Dataran Tinggi Dieng.

'Salju' di Ranu Kumolo (Instagram/bagus_ary)

Belum lama ini beberapa orang kembali menemukan gumpalan es di puncak gunung. Hal ini lantaran jika saat musim pancaroba dari musim penghujan ke kemarau puncak Gunung Semeru memiliki suhu dingin bahkan mampu mencapai nol derajat celcius.

Sahabat MerahPutah itulah dua tempat yang memiliki salju selain puncak Gunung Jayawijaya di Indonesia. Cukup membanggakan bukan? Bagi yang senang hiking tentunya fenomena ini menjadi satu hal yang tak bisa dilupakan.

Kredit : yani

Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH