Merawat Ingat

Dua Tahun Sudah Dirilis, Playstation 5 Masih Saja Langka

Andrew FrancoisAndrew Francois - Sabtu, 12 November 2022
Dua Tahun Sudah Dirilis, Playstation 5 Masih Saja Langka
PlayStation 5 begitu diburu, dulu hingga kini. (Foto: Unsplash/Kerde Severin)

SEKITAR dua tahun sudah, Sony merilis PlayStation 5 dan baru didatangkan ke Indonesia pada 2021 lalu. Saat itu, konsol gim yang akrab disapa PS5 itu begitu diburu dan harganya menjadi sangat mahal. Selain karena harga dasarnya sendiri memang sudah cukup tinggi.

Tak sedikit masyarakat yang rela menunggu dan mengikuti antrean panjang untuk bisa mendapatkan konsol anyar dari Sony itu. PS5 dirilis secara global pada 12 November 2020 lalu, di Australia, Jepang, Selandia Baru, Amerika Utara, Singapura, dan Korea Selatan, yang diikuti perilisan di seluruh dunia seminggu kemudian.

Baca juga:

PlayStation 5 Pro Dirumorkan Mulai Penggarapan untuk 2024

PlayStation 5 menggunakan SSD khusus. (Foto: Unsplash/Charles Sims)

Konsol itu menggunakan solid state drive (SSD) khusus, GPU dengan dukungan ray tracing, dan kompatibilitas mundur dengan permainan PlayStation 4 dan PlayStation VR. Konsol itu bersaing ketat dengan konsol dari pabrikan lain, seperti Xbox Series X dan Nintendo Switch.

PlayStation 5 menggunakan AMD Zen 2 dengan 8 inti yang berjalan hingga 3.5 GHz. GPU menggunakan system-on-chip (SOC) berdasarkan AMD RDNA 2, dengan 36 compute units yang berjalan hingga 2.23 GHz, dan mampu menghasilkan 10.28 TFLOPS.

CPU dan GPU menggunakan teknologi AMD SmartShift yang mengatur frekuensi berdasarkan penggunaan, untuk mencapai performa dan penggunaan daya yang ideal. GPU memiliki dukungan perangkat keras untuk ray-tracing, memungkinkan ray-tracing secara realtime. PS 5 menggunakan 16GB GDDR6 SDRAM dengan bandwith 448 GB/s.

Baca juga:

Model Baru PlayStation 5 Ditemukan di Australia

Kontroler DualSense dengan umpan balik haptic yang kuat. (Foto: Unsplash/Kamil S)

Penyimpanan SSD khusus dirancang untuk PlayStation 5 untuk memberikan kecepatan input dan output sehingga waktu muat lebih cepat dan bandwitdh lebih lebar untuk game yang lebih imersif, serta dukungan untuk pemutaran 8K melalui cakram blue-ray maupun streaming.

Adapun sejumlah game yang bisa dimainkan pada PS5, antara lain Assassin's Creed Valhalla, Astro's Playroom, Bugsnax, DEATHLOOP, Demon's Souls, Destiny 2, Destruction AllStars, DiRT 5, Dying Light 2, Grand Theft Auto 5, Hitman 3, Gran Turismo 7, Resident Evil Village, Watch Dogs: Legion, dan lainnya. (waf)

Baca juga:

Pembeli Pertama PlayStation 5 Ternyata Pembeli Pertama PlayStation 4

#Merawat Ingat #Game
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan