Dua Tahun Pertama Pernikahan Penting untuk Masa Depan, Ini Alasannya Dua Tahun pertama sangat penting untuk kelangsungan pernikahan kedepannya (Foto: pixabay/stocksnap)

SETELAH ijab kabul sah tantangan bersama pasangan tercinta belum selesai lho. Ini bukan akhir dari kisah bahagia kamu. Kamu akan menjalani liku-liku kehidupan di atas bahtera rumah tangga bersama.

Nah kamu perlu tahu nih, masa depan rumah tangga bergantung dengan bagaimana cara kamu berdua menjalaninya tahun awal pernikahan. Sebuah penelitian menemukan dua tahun pertama pernikahan merupakan periode penting yang menentukan masa depan sebuah pernikahan.

Baca juga:

3 Pernikahan Kerajaan Termahal Sepanjang Masa

Pasangan yang tak bisa melewati dua tahun pertama dengan baik lebih berisiko mengalami masalah dalam hubungan pernikahan kedepannya. Bahkan tidak menutup kemungkinan berujung perpisahan atau perceraian.

Ada sejumlah faktor yang mempengaruhi keberlangsungan pernikahan pada dua tahun pertama (Foto: pixabay/vetonethemi)

Menurut Alodokter ada beberapa faktor yang menyebabkan hal itu. Faktor pertama yaitu berbeda pandangan hidup. Bila kamu sebelumnya melakukan semuanya sendiri, usai menikah kamu menjadi bagian dari kehidupan orang lain, baik secara hukum, sosial dan agama.

Menyatunya dua individu itu akan menimbulkan sejumlah tantangan. Khususnya bila ada perbedaan pandangan dan pilihan. Seperti cara mengurus keuangan, pola asuh anak, atau perbedaan keyakinan.

Faktor kedua yakni Gagal mengantisipasi konflik. Ada banyak hal penting baru yang mesti dihadapi bersama. Mulai dari tugas rumah tangga, mengelola keuangan, berurusan dengan mertua, menyempatkan waktu untuk berhubungan seksual, dan mendiskusikan tujuan hidup bersama.

Membicarakan hal-hal tersebut berpeluang menyebabkan konflik. Banyak pasangan yang akhirnya menghindari atau menunda membicarakan hal-hal tersebut. Padahal penundaan itu bisa membahayakan pernikahannya.

Baca Juga:

Pernikahan Kedua Lebih Langgeng, Apa Iya?

Faktor ketiga ialah tertekan oleh hubungan keluarga pasangan. Menikahi pasangan berarti menjadikanmu sebagai bagian dari keluarga besarnya. Sebagian orang bisa merasa diterima, namun sebagian lainnya mungkin merasa tertekan. Itu karena adanya ekspektasi serta norma baru.

Kemudian intimasi menjadi faktor selanjutnya yang harus kamu antisipasi. Pada suatu penelitian, ditemukan penyebab utama perceraian ialah hilangnya kasih sayang antarpasangan dalam dua tahun pertama pernikahan.

Kedekatan dengan pasangan akan membuat masing-masing merasa pasangannya ialah orang yang paling bisa memahaminya. Bila kedekatan itu hilang, pernikahan akan sulit untuk bertahan ketika menghadapi masalah.

Terakhir, banyak pasangan tidak mampu menguatkan pondasi dalam dua tahun awal pernikahan. Mereka lupa pernikahan bukanlah sekadar hubungan romantis. Butuh komitmen dan usaha. Di masa awal pernikahan suami-istri harus membentuk dasar rumah tangga yang kokoh.

Ada beberapa hal yang harus kamu lakukan agar rumah tangga tetap harmonis (Foto: pixabay/ptksgc)

Oleh karena itu, amat penting menjaga intimasi agar kehidupan rumah tangga selalu harmonis. Masalahnya, banyak keintiman pasangan berkurang setelah masa bulan madu.

Bila hal itu yang kamu rasakan, janganlah dipendam seorang diri. Bicarakan dengan pasanganmu tentang cara menjaga kedekatan. Sederhana saja, cukup luangkan waktu khusus untuk berdua di sela kesibukan masing-masing.

Jalin pula komunikasi yang baik. Langkah awal untuk memecah kebuntuan komunikasi ialah saling jujur dan terbuka tanpa saling menyalahkan dengan pasangan. Kamu harus menyadari pasanganmu merupakan pribadi unik, dan memiliki cara pandang dan berpikir yang beda denganmu.

Selain itu, kamu dan pasanganmu perlu membicarakan soal pembagian tugas dan kewajiban,serta cara mengatasi konflik rumah tangga. Hindarilah membicarakan hal-hal yang berpotensi menimbulkan konflik hanya akan menunda masalah.

Hubungan pernikahan yang langgeng bukan berarti harus selalu bahagia. Karena kehidupan rumah tangga tentu memiliki pasangan surut dan tak luput dari masalah. Tapi, dengan dasar yang kuat, pernikahan bisa tetap stabil di saat-saat yang sulit sekalipun. (ryn)

Baca Juga:

4 Foto Pernikahan Kocak dan Absurd ini Mampu Menggelitik Perutmu

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Keseruan Hallowen akan Hadir di Animal Crossing: New Horizons
Fun
Keseruan Hallowen akan Hadir di Animal Crossing: New Horizons

Belum lama ini Nintendo merinci pembaruan untuk Animal Crossing pada musim gugur dengan tema Hallowen.

Makan Siang saat WFH Harus di Waktu Tepat
Fun
Makan Siang saat WFH Harus di Waktu Tepat

Banyak orang salah waktu makan siang saat WFH.

Warna Metalik Tadashi Shoji di Pekan Mode New York
Fashion
Bikin Anak Aktif di Dalam Rumah
Hiburan & Gaya Hidup
Bikin Anak Aktif di Dalam Rumah

Orangtua harus kreatif mencari cara agar buah hati bisa tetap aktif.

Film-Film Adaptasi Novel Terlaris Siap Menghibur di 2021
ShowBiz
Film-Film Adaptasi Novel Terlaris Siap Menghibur di 2021

5 film hasil adaptasi dari novel terlaris yang akan tayang di 2021

Elon Musk Ingin Bitcoin Ramah Lingkungan
Fun
Elon Musk Ingin Bitcoin Ramah Lingkungan

Penambangan Bitcoin membutuhkan energi listrik yang besar.

Enggak Biasa, Louis Vuitton Pamerkan Koleksi Spring 2021 di Dermaga
Fashion
Warner Bros Investasi di HYBE, Agensi BTS
ShowBiz
Warner Bros Investasi di HYBE, Agensi BTS

Menginvestasikan hampir US$450 juta ke HYBE.

Canggih, Kecerdasan Buatan ini Mampu Visualisasikan Tulisan
Fun
Canggih, Kecerdasan Buatan ini Mampu Visualisasikan Tulisan

DALL.E, AI yang dapat menyajikan visualisasi apapun hanya dengan tulisan dalam satu kata atau kalimat.