Headline

Dua Tahun Mengabdi Jambi, Berikut Catatan Apik Zumi Zola

Eddy FloEddy Flo - Rabu, 21 Februari 2018
Dua Tahun Mengabdi Jambi, Berikut Catatan Apik Zumi Zola
Zumi Zola (Foto: Instagram/@zumizolazulkifliforjambi)

MerahPutih.Com - Dua tahun sudah Zumi Zola mengemban jabatan sebagai Gubernur Jambi. Selama dua tahun berkuasa, Zumi Zola telah melakukan sejumlah gebrakan dan catatan apik.

Pada saat-saat awal menjadi gubernur, sejumlah cibiran sempat dialamatkan pada Zumi Zola. Mulai dari berbekal nama besar sang ayah yang juga pernah menjabat Gubernur Jambi sampai dengan statusnya sebagai artis Ibu Kota. Seiring waktu, Zola memupuskan semua kesangsian terhadap dirinya melalui beberapa catatan apik.

Zumi Zola Zulkifli begitu nama lengkapnya. Zumi memaparkan perkembangan perekonomian Provinsi Jambi selama dua tahun kepemimpinannya bersama Wakil Gubernur Fachrori Umar.

Paparan yang disampaikannya dalam refleksi dua tahun kepemimpinannya itu digelar di auditorium rumah dinas gubernur Jambi, Rabu (21/2).

Zumi Zola mengatakan kondisi perekonomian Provinsi Jambi masih dipengaruhi oleh perlambatan ekonomi global.

Pada tahun 2016 ekonomi Provinsi Jambi tumbuh sebesar 4,37 persen, sedangkan pada tahun 2017 tumbuh 4,64 persen.

"Pertumbuhan ekonomi diperkirakan masih bersumber dari pertumbuhan sektor utama Provinsi Jambi yaitu sektor pertambangan dan penggalian, sektor pertanian, kehutanan dan perikanan, serta sektor industri pengolahan," kata Zola.

Sedangkan tingkat pengangguran terbuka Provinsi Jambi, pada Agustus 2017 mencapai angka 3,85 persen, atau lebih baik dibandingkan kondisi Agustus tahun 2016, yaitu 4,34 persen.

Demikian pula kinerja penurunan kemiskinan juga memperlihatkan perbaikan, ditunjukkan dengan persentase penduduk miskin yang mengalami penurunan dari 8,41 persen pada Maret 2016 menjadi 8,19 persen pada Maret 2017.

"Angka kemiskinan Provinsi Jambi juga lebih rendah, jika dibandingkan dengan angka kemiskinan nasional yang tercatat mencapai 10,64 persen," katanya.

Gubernur Jambi Zumi Zola

Gubenur Jambi Zumi Zola (Foto: Antara/Rifki)

Selanjutnya untuk meningkatkan kesejahteraan kaum buruh di Jambi, Dewan Pengupahan Provinsi Jambi kata Zola juga telah menaikkan Upah Minimum Provinsi (UMP) tahun 2018 menjadi Rp2,243 juta atau naik 8,7 persen dari tahun 2017, yaitu sebesar Rp2,063 juta.

Tahun 2017 merupakan tahun kedua pelaksanaan Perda Nomor 7 Tahun 2016 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Jambi 2016-2021.

"Dengan Visi yaitu Mewujudkan Provinsi Jambi yang Tertib, Unggul, Nyaman, Tangguh, Adil dan Sejahtera, atau Jambi TUNTAS 2021," katanya.

Sementara dalam refleksi dua tahun kepemimpinan Zola-Fachrori itu juga menghadirkan beberapa narasumber. Yakni Ketua Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Provinsi Jambi, Kepala Perwakilan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Jambi dan Kepala Bappeda Provinsi Jambi.

Zumi Zola mengatakan pembangunan infrastruktur masih menjadi fokus pemerintahan itu di tahun 2018 karena infrastruktur seperti jalan dan jembatan sebagai urat nadi perekonomian.

"Di tahun 2018 infrastruktur masih jadi fokus kita, sebab permintaan masyarakat dalam setiap musrenbang itu adalah perbaikan dan pembangunan jalan dan jembatan," katanya usai memberikan paparan dalam refleksi dua tahun kepemimpinannya sebagai Gubernur Jambi.

Adapun kawasan strategis yang akan dibangun di tahun ini seperti jalan di Kabupaten Tebo, Kabupaten Tanjungjabung Barat dan Tanjungjabung Timur serta Sungaigelam dan Sungaibahar, Kabupaten Muarojambi.

Rencana besar lainnya, yakni pembangunan jalan layang (fly over) di Kawasan Sipin Kota Jambi untuk mengurai kemacetan, rehab gedung olahraga (GOR) Jambi, pembangunan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Tugu Juang dan pengadaan alat berat disetiap kecamatan yang pada tahun 2017 baru terealisasi 22 unit serta pembangunan lainnya.

"Tapi harus ada kesinambungan antara provinsi dan kabupaten/kota, sebab semuanya menggunakan dana yang besar. Tapi kita komitmen membangun hingga 2021," katanya.

Zola sebagaimana dilansir Antara mengatakan selama tahun 2017 telah dilaksanakan program pembangunan, seperti peningkatan dan rehabilitasi beberapa ruas jalan yang menjadi kewenangan provinsi, baik untuk peningkatan aksesibilitas dan konektivitas maupun jalan produksi yang menghubungkan sentra-sentra produksi dalam wilayah Provinsi Jambi. Adapun capaian kondisi jalan mantap sampai dengan akhir tahun 2017 adalah 76,57 persen dari target 76,18 persen.

"Sedangkan untuk jalan produksi dalam kondisi mantap sudah mencapai 74,22 persen dari target 74,59 persen," katanya.

Jambi tahun 2017 telah memberikan bantuan keuangan sebesar Rp15 miliar kepada Pemkab Kerinci untuk pembebasan lahan dalam rangka pengembangan Bandara Depati Parbo Kerinci.

"Diharapkan dengan pengembangan bandara ini nantinya akan meningkatkan kunjungan wisata pada wilayah Kerinci-Sungaipenuh dan sekitarnya," pungkas Zumi Zola.(*)

#Zumi Zola #Gubernur Jambi Zumi Zola #Provinsi Jambi
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan