Jelajah Bumi Mulawarman

Dua Rasa Air di Danau Labuan Cermin

Dwi AstariniDwi Astarini - Senin, 24 September 2018
Dua Rasa Air di Danau Labuan Cermin
Air di Danau Labuan Cermin memantulkan cahaya matahari, layaknya cermin. (foto: Instagram @wukitravel)

JIKA umumnya danau berair tawar, di Kalimantan Timur, ada danau yang punya dua rasa. Ya, Danau Labuan Cermin punya air tawar di bagian permukaan dan air asin di bagian dasar. Danau yang terletak di Desa Labuan Kelambu, Kecamatan Biduk-biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, ini menjadi persinggahan wisatawan sebelum bertolak ke Kepulauan Derawan.

Untuk mencapai Danau Labuan Cermin memang memakan waktu yang cukup panjang. Dari pusat Kota Samarinda atau Sangatta, kamu harus berkendara menuju Kecamatan Biduk-Biiduk selama kurang lebiih 13 jam. Jika kamu berangkat dari Kota Samarinda di kala hari sudah beranjak siang, amat mungkin kamu harus menginap. Jangan khawatir, kamu bisa menyewa kamar di hostel setempat. Pilihan lainnya, kamu bisa menyewa kamardi rumah penduduk sekitar. Tentu saja pilihan kedua relatif lebih murah ya.

danau labuan cermin
Butuh 13 jam dari pusat Kota Samarinda untuk sampai ke Danau Labuan Cermin. (foto: Instargram @ronal_jp)

Perjalanan mencapai danau ini memang lama dan melelahkan. Namun, keindahan panorama danau akan membayar tunai semua kelelahanmu. Air danau yang bening bak cermin pasti akan membuatmu takjub. Dengan mudah kamu bisa melihat dasar danau yang dihiasi berbagai karang. Selain itu, di kala matahari bersinar, cahaya surya akan terpantul dari air danau. Itulah mengapa danau ini disebut Labuan Cermin.

Pantulan cahaya matahari dari Danau Labuan Cermin disebabkan adanya lapisan yang memisahkan air tawar dan asin. Lapisan pemisah itulah yang membuat air danau memantulkan cahaya surya. Selain dikenal sebagai Labuan Cermin, danau ini juga kerap disebut dengan 'Danau Dua Rasa'. Hal itu disebabkan dua rasa air di dalamnya.

danau labuan cermin
Meski terlihat dangkal, Danau Labuan Cermin berkedalaman 4-5 meter. (foto: Instagram @cdahlan63)

Selain pantulan cahaya matahari yang memesona, kamu juga akan disuguhi teduhnya rerimbunan pepohonan di sekitar danau. Kamu bisa duduk bersantai di pinggir danau atau dari atas dermaga yang disediakan. Namun jika kamu cukup jago berenang, jangan lewatkan untuk nyemplung ke air biru jernih di danau ini. Coba juga aktivitas snorkeling atau menyelam. Yang unik, karena danau ini punya dua rasa air, ikan-ikan yang hidup di dalamnya pun terpisah antara ikan air tawar dan ikan air asin.

danau labuan cermin
Banyak perahu disewakan di danau ini. (foto: Instagram @cdahlan63)

Meskipun dasar danau terlihat dangkal dari permukaan, kamu perlu ingat bahwa danau ini punya kedalaman 4-5 meter. Cukup dalam lo. Jadi jika kamu enggak cukup yakin dengan kemampuan berenangmu, pilihlah kegiatan lain yang enggak kalah seru. Kamu bisa menyewa kapal untuk berkeliling danau. Namun, jika kamu tetap penasaran untuk berenang, jangan ragu untuk bertanya kepada warung sekitar danau untuk menyewa ban ataupun pelampung. Dengan begitu, kamu tetap bisa menikmati danau dua rasa ini dengan aman.

danau labuan cermin
Bermain air danau di atas ban juga seru. (foto: Instagram @rinaapriliakurnia)

Nah, bagi kamu yang berencana melancong ke Derawan atau Maratua, jangan lewatkan untuk singgah Danau Labuan Cermin ya.(dwi)

#Jelajah Bumi Mulawarman
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan