E-Sports

Dua Perempuan Indonesia Unjuk Gigi di IESF World Esports Summit 2023

Dwi AstariniDwi Astarini - Kamis, 30 November 2023
Dua Perempuan Indonesia Unjuk Gigi di IESF World Esports Summit 2023
Diana Sutrisno (tengah) memaparkan upaya strategis Indonesia dalam mencapai prestasi kelas dunia.(foto: PB ESI)

INDONESIA kembali menjadi salah satu perhatian utama di IESF World Esports Summit 2023 di Busan, Korea Selatan, Rabu (29/11). Mereka ialah Diana Sutrisno dan Debora Imanuella yang tampil dengan gagasan serta prestasi dan kompetensi mereka.

Diana Sutrisno ialah Wakil Bendahara Umum Pengurus Besar E-Sports Indonesia (PB ESI) sekaligus board member of International E-Sports Federation (IESF). Dalam konferensi tersebut, ia memaparkan upaya strategis Indonesia dalam mencapai prestasi kelas dunia, khususnya dalam menyabet gelar juara umum pada IESF 14th World E-Sports Championships 2022 yang berlangsung di Bali.

BACA JUGA:

Indonesia Juara Dunia MLBB di IESF 14th World E-Sports Championships 2022

Diana mengungkapkan kunci keberhasilan Indonesia ada pada penerapan persiapan yang intensif dan komprehensif. Kemunculan dampak positif program-program pembinaan e-sports yang melibatkan ekosistem e-sports Indonesia memungkinkan PB ESI mendapatkan tim-tim e-sports terbaik untuk mengikuti seleksi nasional (seleknas) dan pemusatan latihan nasional (pelatnas).

e-sports/PB ESI
Debora Imanuella mendapatkan apresiasi dari IESF World Esports Summit 2023.(foto: PB ESI)

“Kami mempunyai visi untuk menjadi salah satu negara terkuat dan terunggul di bidang e-sports. Salah satu upaya untuk mewujudkan visi tersebut ialah dengan menggelar kompetisi yang mampu menjangkau bibit-bibit unggul e-sports di seluruh penjuru Tanah Air, yaitu Liga E-Sports Nasional yang saat ini berlangsung,” kata Diana, dalam siaran pers yang diterima Merahputih.com, Kamis (30/11).

Selain itu, dilakukan juga persiapan komprehensif melibatkan berbagai unsur pendukung untuk memantapkan kesiapan teknis dan nonteknis seperti kebugaran fisik, ketangguhan mental dan psikologi, kesehatan dan nutrisi, hingga beberapa unsur penting lainnya.

BACA JUGA:

Kemegahan Upacara Kolosal Pembukaan IESF 14th World E-Sports Championships 2022

Di sisi lain, Ketua Bidang Hubungan Masyarakat dan Komunikasi PB ESI Debora Imanuella juga mendapat apresiasi IESF E-Sports Hall of Fame untuk kategori Community Championship. Penghargaan tersebut diberikan atas dedikasi dan komitmennya dalam memberdayakan, serta meningkatkan kompetensi ekosistem e-sports.

View this post on Instagram

A post shared by PBESI (@pbesi_official)

“Anugerah ini menjadi pemicu saya untuk terus berdedikasi dan berkomitmen untuk meningkatkan inklusivitas e-sports di Tanah Air, sekaligus terus mendorong pengembangan dan peningkatan kompetensi ekosistem e-sports Tanah Air,” tutup Debora.(and)

BACA JUGA:

Indonesia Taklukan Sejumlah Negara di IESF 15th World Esports Championships 2023

#November Sebangsa Berkibar #Esports
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan