Dua Paus Sudah Disuntik Vaksin COVID-19

Wisnu CiptoWisnu Cipto - Jumat, 15 Januari 2021
Dua Paus Sudah Disuntik Vaksin COVID-19

MerahPutih.com - Vatikan resmi mengumumkan Paus Fransiskus dan mantan Paus Benedict XVI telah menerima dosis pertama vaksin COVID-19. Keduanya disuntik vaksin sebagai bagian dari program vaksinasi Vatikan, yang dimulai sejak Rabu (13/1).

"Saya bisa membenarkan sebagai bagian dari program, dosis pertama diberikan kepada Paus Fransiskus dan Paus Emeritus," kata Juru Bicara Vatikan Matteo Bruni, dikutip dari The Vatican News.

Baca Juga:

Sama Dengan Jokowi, Erdogan Disuntik Vaksin Sinovac

Vatikan menegaskan alasan kedua Paus itu menerima suntikan vaksin COVID-19 mengingat kedua sosok itu termasuk kalangan sepuh yang rentan terhadap paparan virus.

Paus Fransiskus saat ini telah berusia 84 tahun. Sedangkan, Benedict yang turun dari takhta suci sejak 2013 silam kini sudah berusia 93 tahun.

Fransiskus
Paus Fransiskus saat memberikan doa bagi umat Katolik se-dunia di Vatikan, Roma. (Foto: antaranews/reuters)

Apalagi, Paus Fransiskus yang masih aktif menjabat mungkin lebih berisiko dari keduanya. Terutama karena bagian dari salah satu paru-parunya diangkat setelah sakit saat menjalani masa muda di negara asalnya, Argentina.

Dikutip Antara, Jumat (15/1), Takhta Suci menjelaskan kondisi kesehatan Benedict secara umum baik, tetapi sedikit lemah dan mengalami sejumlah penyakit kaum lansia, seperti radang sendi. Paus asal Jerman itu menerima suntikan vaksin tahap 1 pada Kamis (14/1) pagi waktu setempat.

paus fransiskus dan benedictus
Paus Fransiskus dan Paus Benedict XVI. Foto: L'osservatore Romano/vaticannews.va.

Berdasarkan data terakhir terdapat kurang dari 30 kasus COVID-19 di Kota Vatikan, mayoritas di kalangan Garda Swiss, yang tinggal di barak komunal.

Akhir pekan lalu Paus Fransiskus juga menegaskan semua orang perlu disuntik vaksin. "Ini adalah pilihan etis sebab Anda bertaruh dengan kesehatan Anda, dengan hidup Anda, tetapi Anda juga bertaruh dengan nyawa orang lain," katanya kepada stasiun televisi Canale 5 TV Italia. (*)

Baca Juga:

Vatikan Tekankan Pentingnya Persaudaraan Umat Kristiani dan Muslim

#Breaking #Vaksin Covid-19 #COVID-19 #Vatikan #Paus Fransiskus
Bagikan
Ditulis Oleh

Wisnu Cipto

Bagikan