Dua Konfederasi Serikat Buruh Deklarasikan Cak Imin sebagai Cawapres Jokowi

Andika PratamaAndika Pratama - Minggu, 29 Juli 2018
Dua Konfederasi Serikat Buruh Deklarasikan Cak Imin sebagai Cawapres Jokowi
Konfederasi Sarikat Buruh Muslimin Indonesia (K-Sarbumusi) dan Gabungan Aliansi Rakyat Daerah Untuk Buruh Migran Indonesia (Garda BMI) mendeklarasikan Muhaimin Iskandar sebagai cawapres Jokowi. Foto:

MerahPutih.com - Dua konfederasi serikat buruh yakni Konfederasi Sarikat Buruh Muslimin Indonesia (K-Sarbumusi) dan Gabungan Aliansi Rakyat Daerah Untuk Buruh Migran Indonesia (Garda BMI) mendeklarasikan Muhaimin Iskandar sebagai cawapres Jokowi.

Koordinator deklarasi, Dalail Wijaya menilai sosok Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu cocok mendampingi petahana untuk melanjutkan pemerintahan lima tahun ke depan. Apalagi, Cak Imin sangat mewakili kaum buruh dan Pro terhadap perjuangan kaum buruh.

"(Cak Imin) menerapkan kebijakan yang membatasi Tenaga Kerja Asing serta yang paling fenomenal adalah moratorium TKI ke Arab Saudi sebagai bentuk menjaga martabat dan harga diri bangsa serta banyak kebijakan lain yang berpihak pada kepentingan buruh di Indonesia," kata Dalail di Basis GBLP CV IMCO dan PT Indoplat, Tegal Alur Kalideres, Jakarta Barat, Jakarta, Minggu (29/7)

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin. (MP/ Rizki Fitrianto)

Selain itu, kata Dalail, Cak Imin juga mempunyai track record yang bagus terhadap kaum buruh.

"(Cak Imin) memberikan kado terindah dengan meliburkan 1 Mei sebagai hari buruh menjadi pijakan perjuangan buruh dalam menuntut hak-haknya," terangnya.

Wasekjen DPP Sarbumusi ini menegaskan bahwa deklarasi tersebut murni inisiatif buruh untuk memberikan dukungan kepada Cak Imin. Dia pun mengatakan pihaknya sedang melakukan dua konsolidasi untuk mendorong Cak Imin meraih posisi Cawapres, yaitu melalui konsolidasi internal dan eksternal.

Dalail juga menjelaskan bahwa pihaknya akan melakukan konsolidasi nasional. Menurutnya, akan ada deklarasi serupa di berbagai daerah lainnya, seperti Surabaya, Bekasi dan Pekanbaru dalam waktu dekat.

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin. (MP/ Rizki Fitrianto)

Sementara dari deklarasi Eksternal, K-Sarbumusi akan melakukan penggalangan dan mengkonsolidasikan dengan serikat-serikat buruh lainnya.

"(Konsolidasi ke) SPSI, SBSI, KSPI dan sebagainya untuk menyamakan frame berpikir bahwa buruh harus terlibat dalam pesta demokrasi 2019," terangnya disela pernyataan dukungan kepada Cak Imin sebagai cawapres Jokowi. (*)

#Muhaimin Iskandar #Aksi Buruh
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan