Dua Kementerian Baru Jokowi Jatah PDIP, Satu Slot Buat Prananda? Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri bersama 2 anaknya, Prananda Prabowo (kiri) dan Puan Maharani (kanan). (Antaranews)

MerahPutih.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana membentuk dua kementerian dalam kabinetnya mendatang. Keduanya ialah Kementerian Ekonomi Kreatif dan Kementerian yang diharapkan lebih fokus meningkatkan investasi dan ekspor.

Sekjen PDI-P Hasto Kristiyanto mengatakan, untuk slot menteri tersebut PDIP sudah mempersiapkan strategi agar anak muda bisa aktif secara luas di dunia politik, di lapangan ekonomi, maupun mengekspresikan seluruh energi kreatifnya di bidang kebudayaan.

Baca Juga: Jokowi Diprediksi Prioritaskan Trah Sukarno di Kabinetnya

Kebetulan, Ketua Bidang Ekonomi Kreatif PDIP adalah Prananda Prabowo yang merupakan putra Ketum Megawati Soekarnoputri.

Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Hasto Kristiyanto. (Foto: merahputih.com/Fadli)
Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Hasto Kristiyanto. (Foto: merahputih.com/Fadli)

"Guna memberikan dukungan terhadap kebijakan presiden tersebut, PDI Perjuangan berpandangan pentingnya dibangun inbound logistic melalui penguatan infrastruktur digital secara terintegrasi, penguatan manajemen, pemasaran, dan kemampuan produksi dengan menerapkan teknologi proses yang paling tepat yang berpijak pada daya inovasi para pemuda Indonesia," kata Hasto, dalam keterangannya, Kamis (15/8).

Baca Juga: Ma'ruf Amin Sudah Bisiki Jokowi Nama Calon Menteri

Hasto beranggapan, pembentukan dua kementerian baru itu dapat memperkuat kedaulatan Indonesia di bidang ekonomi.

"Dengan ruang kepemimpinan muda yang lahir melalui proses rekrutmen dan pendidikan kader tersebut, maka partai menyatakan kesiapannya untuk jemput bola atas kebijakan pemerintah yang pro terhadap kaum muda Indonesia untuk berkreasi," imbuhnya.

Pertemuan Mega dan Prabowo
Prananda Prabowo (ke-2 dari kanan) turun mendampingi ibunya Megawati Soekarnoputri saat bertemu Prabowo Subianto di Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat (Foto: Dok PDI Perjuangan)

Hasto menyarankan kepada pemerintah untuk menyiapkan infrastruktur dan ekosistem ekonomi digital yang kondusif untuk mendukung pembentukan dua kementerian itu.

Menurut Hasto, sektor ini harus mendapat perhatian luas dari partai. Hal ini berangkat dari realitas bagaimana PDI Perjuangan menerima dukungan signifikan dari pemilih muda.

“PDI Perjuangan tercatat sebagai partai dengan jumlah kepala daerah dan anggota legislatif terbesar yang diisi anak muda. Dengan ruang kepemimpinan muda yang lahir melalui proses rekrutmen dan pendidikan kader,” tutup petinggi PDIP itu. (Knu)

Baca Juga: Buka-Bukaan, Jokowi Sebut PDIP Terbanyak Dapatkan Jatah Menteri



Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH