Dua Kali Jatuh Saat Q1 di Sirkuit Mandalika, Marquez: Kami harus Menyerang

Thomas KukuhThomas Kukuh - Sabtu, 19 Maret 2022
Dua Kali Jatuh Saat Q1 di Sirkuit Mandalika, Marquez: Kami harus Menyerang
Marc Marquez saat menjalani Q1 di Sirkuir Mandalika. (ANTARA/ANDIKA WAHYU)

MANDALIKA - Gestur tubuh Marc Marquez seolah menjunjukkan kemarahan. Sambil berjalan kaki, pembalap Repsol Honda itu berkali-kali mengangkat tangannya dan terus menggelengkan kepala tak jauh dari posisi motornya yang terbaring di tikungan 12. Ya, untuk kali kedua Marquez jatuh saat menjalani sesi qualifikasi 1 (Q1) di Sirkuit Mandalika, Sabtu (19/3). Harapan untuk start balapan Minggu (20/3) dengan posisi ideal sirna. Dia harus memulai balapan dari posisi ke 15.

Kegigihan Marquez untuk meraih hasil terbaik di Q1 harus diacungi jempol. Namun, di tengah perjuangannya, dia jatuh untuk kali pertama di tikungan 13. Ban belakangnya melintir. Sirkuit Mandalika bergemuruh. Ribuan penggemarnya yang sudah memadati tribun penonton berteriak histeris.

Tapi Marquez tak menyerah. Dia cepat-cepat bangun. Tergopoh-gopoh menuju tepi lintasan untuk membonceng motor menuju paddock Rapsol Honda. Sesampainya di paddock, Marquez langsung meloncat di atas motor RC213V miliknya yang terparkir di paddock. Pembalap binaan Red Bull itu harus berkejaran dengan waktu. Q1, hanya menyisakan waktu 3 menit.

Saat kembali ke lintasan untuk melanjutkan Q1, Marquez seperti kesetanan. Meliak-liuk melibas setiap tikungan. Para penonton di tribun maupun di ruang Deluxe Class yang juga bisa menyaksikan siaran langsung balapan tegang.

Marquez sempat menyalip Takaaki Nakagami. Tapi sepertinya Sabtu (19/3) bukanlah harinya Marc Marquez. Tak lama setelah menyalip Nakagami dia jatuh untuk kali kedua. Di tikungan 12. Sirkut Mandalika kembali bergemuruh. Penonton berteriak histeris. Hilang sudah kesempatan Marquez mengikuti Q2.

Bila di total, selama ajang MotoGP di Mandalika, The Baby Allien-julukan Marquez sudah tiga kali jatuh. Sebelumnya dia jatuh ketika menjalani free practice 2, Jumat (18/3).

“Saya kurang lebih baik-baik saja setelah dua kecelakaan hari ini (qualifikasi 1). Ketika Anda berada di Q1 Anda harus mengambil risiko. Dan inilah yang bisa terjadi,” kata Marquez setelah menjalani Q1.

Marc Marquez
Marck Marquez.

Menurutnya, semua pembalap Honda sedang berjuang di Mandalika. Ya, rekan setimnya, Pol Epargaro juga setali uang dengan Marquez. Hasil qualifikasinya tak memuaskan. Pol harus memulai balapan dari posisi 16.

“Besok kami harus menyerang. Kami harus jauh lebih baik dari apa yang ditunjukkan hari ini, bahkan dengan bagian belakang yang berbeda. Tujuannya adalah untuk mencoba menyelesaikan balapan,” ujar peraih enam gelar juara dunia MotoGP itu.

Hal senada juga diucapkan Pol Espargaro. “Hari ini (Sabtu, 19/3) adalah hari yang sangat berat. Saya tidak bisa mengatakan bahwa saya kecewa. Ban belakang yang berbeda yang kami miliki di sini tidak bekerja dengan motor baru kami dan itu menyebabkan kami banyak berjuang dan memiliki lebih banyak masalah,” kata Espargaro.

“Balapan besok adalah tentang mencapai akhir, hanya itu yang bisa kami lakukan. Kami akan kembali lebih kuat” imbuhnya.

Terkait ada sejumlah pembalap yang jatuh saat menjalani Q1, Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria mengatakan bahwa itu tak ada hubungannya dengan aspal di Sirkuit Mandalika. "Sejauh ini saya tidak mendengar ada keluhan dari para pembalap selama sesi kualifikasi tadi," kata Priandhi.

Kata dia, lintasan Sirkuit Mandalika telah mendapatkan homologasi atau lisensi grade A dari Federation Internationale de Motocyclisme (FIM). Jadi tidak ada masalah dengan kualitas aspal. “Secara tertulis kami mendapat Homologasi A dari FIM," imbuh Priandhi.

Meski begitu, lantaran banyak pembalap yang terjatuh saat sesi kualifikasi membuat MGPA memiliki pekerjaan rumah. Misalnya proses recovery aspal. Recovery aspal dibutuhkan karena ketika pembalap terjatuh ada ceceran oli, hingga percikan api akibat gesekan dengan permukaan lintasan di Sirkuit Mandalika. "Ini sedang kami lihat di titik tikungan mana aspal yang terkikis. Nanti akan kami recovery. Proses recovery tidak lama. Malam ini sudah bisa direcovery. Karena masih minor," ujarnya.

Secara umum, lintasan Sirkuit Mandalika sudah siap digunakan saat sesi race pada Minggu (20/3). (kuh)

#Motogp Mandalika #Marc Marquez #GP Mandalika
Bagikan
Ditulis Oleh

Thomas Kukuh

Bagikan