Dua Kali Jatuh Saat Q1 di Sirkuit Mandalika, Marquez: Kami harus Menyerang Marc Marquez saat menjalani Q1 di Sirkuir Mandalika. (ANTARA/ANDIKA WAHYU)

MANDALIKA - Gestur tubuh Marc Marquez seolah menjunjukkan kemarahan. Sambil berjalan kaki, pembalap Repsol Honda itu berkali-kali mengangkat tangannya dan terus menggelengkan kepala tak jauh dari posisi motornya yang terbaring di tikungan 12. Ya, untuk kali kedua Marquez jatuh saat menjalani sesi qualifikasi 1 (Q1) di Sirkuit Mandalika, Sabtu (19/3). Harapan untuk start balapan Minggu (20/3) dengan posisi ideal sirna. Dia harus memulai balapan dari posisi ke 15.

Kegigihan Marquez untuk meraih hasil terbaik di Q1 harus diacungi jempol. Namun, di tengah perjuangannya, dia jatuh untuk kali pertama di tikungan 13. Ban belakangnya melintir. Sirkuit Mandalika bergemuruh. Ribuan penggemarnya yang sudah memadati tribun penonton berteriak histeris.

Tapi Marquez tak menyerah. Dia cepat-cepat bangun. Tergopoh-gopoh menuju tepi lintasan untuk membonceng motor menuju paddock Rapsol Honda. Sesampainya di paddock, Marquez langsung meloncat di atas motor RC213V miliknya yang terparkir di paddock. Pembalap binaan Red Bull itu harus berkejaran dengan waktu. Q1, hanya menyisakan waktu 3 menit.

Saat kembali ke lintasan untuk melanjutkan Q1, Marquez seperti kesetanan. Meliak-liuk melibas setiap tikungan. Para penonton di tribun maupun di ruang Deluxe Class yang juga bisa menyaksikan siaran langsung balapan tegang.

Marquez sempat menyalip Takaaki Nakagami. Tapi sepertinya Sabtu (19/3) bukanlah harinya Marc Marquez. Tak lama setelah menyalip Nakagami dia jatuh untuk kali kedua. Di tikungan 12. Sirkut Mandalika kembali bergemuruh. Penonton berteriak histeris. Hilang sudah kesempatan Marquez mengikuti Q2.

Bila di total, selama ajang MotoGP di Mandalika, The Baby Allien-julukan Marquez sudah tiga kali jatuh. Sebelumnya dia jatuh ketika menjalani free practice 2, Jumat (18/3).

“Saya kurang lebih baik-baik saja setelah dua kecelakaan hari ini (qualifikasi 1). Ketika Anda berada di Q1 Anda harus mengambil risiko. Dan inilah yang bisa terjadi,” kata Marquez setelah menjalani Q1.

Marc Marquez
Marck Marquez.

Menurutnya, semua pembalap Honda sedang berjuang di Mandalika. Ya, rekan setimnya, Pol Epargaro juga setali uang dengan Marquez. Hasil qualifikasinya tak memuaskan. Pol harus memulai balapan dari posisi 16.

“Besok kami harus menyerang. Kami harus jauh lebih baik dari apa yang ditunjukkan hari ini, bahkan dengan bagian belakang yang berbeda. Tujuannya adalah untuk mencoba menyelesaikan balapan,” ujar peraih enam gelar juara dunia MotoGP itu.

Hal senada juga diucapkan Pol Espargaro. “Hari ini (Sabtu, 19/3) adalah hari yang sangat berat. Saya tidak bisa mengatakan bahwa saya kecewa. Ban belakang yang berbeda yang kami miliki di sini tidak bekerja dengan motor baru kami dan itu menyebabkan kami banyak berjuang dan memiliki lebih banyak masalah,” kata Espargaro.

“Balapan besok adalah tentang mencapai akhir, hanya itu yang bisa kami lakukan. Kami akan kembali lebih kuat” imbuhnya.

Terkait ada sejumlah pembalap yang jatuh saat menjalani Q1, Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria mengatakan bahwa itu tak ada hubungannya dengan aspal di Sirkuit Mandalika. "Sejauh ini saya tidak mendengar ada keluhan dari para pembalap selama sesi kualifikasi tadi," kata Priandhi.

Kata dia, lintasan Sirkuit Mandalika telah mendapatkan homologasi atau lisensi grade A dari Federation Internationale de Motocyclisme (FIM). Jadi tidak ada masalah dengan kualitas aspal. “Secara tertulis kami mendapat Homologasi A dari FIM," imbuh Priandhi.

Meski begitu, lantaran banyak pembalap yang terjatuh saat sesi kualifikasi membuat MGPA memiliki pekerjaan rumah. Misalnya proses recovery aspal. Recovery aspal dibutuhkan karena ketika pembalap terjatuh ada ceceran oli, hingga percikan api akibat gesekan dengan permukaan lintasan di Sirkuit Mandalika. "Ini sedang kami lihat di titik tikungan mana aspal yang terkikis. Nanti akan kami recovery. Proses recovery tidak lama. Malam ini sudah bisa direcovery. Karena masih minor," ujarnya.

Secara umum, lintasan Sirkuit Mandalika sudah siap digunakan saat sesi race pada Minggu (20/3). (kuh)

Kanal
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Dikalahkan Arema di Stadion Manahan Solo, Persija Keluhkan Kinerja Wasit
Olahraga
Dikalahkan Arema di Stadion Manahan Solo, Persija Keluhkan Kinerja Wasit

"Gol yang dicetak Marko Simic pada akhir perpanjangan waktu harusnya sah untuk Persija. Ada juga moment Rico Simanjuntak dijatuhkan bek lawan pada babak pertama bisa jadi contoh," ujar Angelo.

Pelatih Korsel Tangani Persija Jakarta?
Olahraga
Pelatih Korsel Tangani Persija Jakarta?

Selain Paul Munster, tim berjulukan Macan Kemayoran disebut tertarik memakai jasa pelatih asal Korea Selatan.

Lama di Bangku Cadangan Persib, Kini Zalnando Jadi Andalan
Olahraga
Lama di Bangku Cadangan Persib, Kini Zalnando Jadi Andalan

Umpan-umpan silang Zalnando kerap membahayakan pertahanan lawan. Bahkan beberapa umpannya berhasil menjadi gol.

Ini Besaran Hadiah dan Match Fee Piala Wali Kota Solo
Olahraga
Ini Besaran Hadiah dan Match Fee Piala Wali Kota Solo

Piala Wali Kota Solo 2021 bakal digelar pada 20 Juni hingga 26 Juni 2021 di Stadion Manahan Solo. Delapan klub dipastikan ikut berpartisipasi pada turnamen pra musim ini.

Pecah Telur Emas Kickboxing, Diandra Genapi Pesta Medali Indonesia
Olahraga
Pecah Telur Emas Kickboxing, Diandra Genapi Pesta Medali Indonesia

Diandra berhasil menekuk lawannya kickboxer Filipina, Cordero Gretel De Faz dengan skor telak 3-0.

Gentar Lawan Timnas U-23 Indonesia, Madam Pang: Ini Pertandingan yang Sulit
Olahraga
Gentar Lawan Timnas U-23 Indonesia, Madam Pang: Ini Pertandingan yang Sulit

Manajer Timnas Thailand, Nualphan Lamsam menyebut bahwa skuat Indonesia U-23 merupakan tim yang menakutkan. Terutama setelah skuatnya lebih komplet di SEA Games 2021.

Australia 18-0 Indonesia: Bintang Chelsea Borong 5 Gol
Olahraga
Australia 18-0 Indonesia: Bintang Chelsea Borong 5 Gol

Bertanding di Mumbai Football Arena, India, Jumat (21/1) sore WIB, The Matildas membantai Garuda Pertiwi dengan skor sangat telak 18-0

Lima Lifter Indonesia Dipastikan Berlaga di Olimpiade 2020 Tokyo
Olahraga
Lima Lifter Indonesia Dipastikan Berlaga di Olimpiade 2020 Tokyo

Tetapi, daftar peringkat yang telah dirilis tersebut belum final hingga seluruh proses antidoping selesai.

Keinginan Anies Gelar Formula E di Jakarta Terwujud
Olahraga
Keinginan Anies Gelar Formula E di Jakarta Terwujud

Dengan kepastian ini, keinginan Anies menggelar hajatan besar di jalanan ibu kota akhirnya terwujud.

PSSI Incar Satu Pemain Top Eropa untuk Dinaturalisasi
Olahraga
PSSI Incar Satu Pemain Top Eropa untuk Dinaturalisasi

"Ini pemain top, termasuk pemain hebat," tutur Hasani di Jakarta, Selasa (22/2).