Dua Harley-Davidson Kesayangan Almarhum Habibie BJ Habibie senang koleksi moge (Foto: Instagram/museum_mandiri)

MOTOR Harley-Davidson kini menjadi perbincangan hangat di hampir semua kalangan. Hal itu lantaran kasus penyelundupan motor gede (moge) tersebut melalui pesawat Garuda Indonesia, Airbus A330-900. Harley-Davidson bertipe Shovelhead ini dibuat tahun 1972. Harganya sangat fantastis, yakni mencapai Rp800 juta.

"Kalau kondisi komplit, komponennya masih original, serta surat lengkap, bisa diatas itu," ujar Aldi salah satu penggemar Harley-Davison klasik, seperti dilansir Kabaroto.com, Kamis (5/12).

Baca juga:

4 Hal Penting untuk Diperhatikan Sebelum Touring Naik Motor

Dua motor Harley-Davidson kebanggaan Habibie (Foto: Ist)
Dua motor Harley-Davidson kebanggaan Habibie (Foto: Ist)

Nah, ngomong-ngomong soal Harley-Davidson, ada satu mantan Presiden RI yang juga suka dengan moge buatan Amerika Serikat Ini. Beliau adalah Bacharudin Jusuf Habibie atau lebih dikenal dengan sebutan B.J. Habibie. Sejak dulu presiden ke-3 RI itu memang hobi mengoleksi barang-barang otomotif buatan Eropa dan Amerika.

Ada dua moge Harley-Davidson yang jadi kebanggaan pria kelahiran Parepare, Sulawesi Selatan, 25 Juni 1936 ini. Dua motor itu yakni Springer Softail yang dibeli tahun 1994 dan Badboy yang dibeli tahun 1996. Keduanya dibeli langsung dari negara asalnya.

Baca juga:

Yuk Intip Gaharnya Moge Milik Soeharto yang Dikendarai Sang Cucu

Moge lain milik Habibie (Foto: Kabaroto)
Moge lain milik Habibie (Foto: Kabaroto)

Hal yang cukup menarik plat nomor pada Harley-Davidson Badboy miliknya yakni B 2506 AH, punya makna mendalam. 2506 merupakan tanggal dan bulan lahir Habibi, sementara AH adalah singkatan dari Ainun dan Habibie. Ini juga membuktikan betapa cintanya Habibie terhadap istrinya.

Sebenarnya ada beberapa moge lainnya yang dimiliki Habibie. Seperti BMW yang diparkirkan di garasi rumahnya. Tapi motor-motor tersebut kurang begitu terawat dan hanya menjadi pajangan. Harley-Davidson Softail Springer dan Badboy lah yang menjadi andalan dan pernah dipamerkan ke masyarakat.

Baca juga:

Manfaatkan Limbah Kayu Menjadi Moge


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH