Dua Hari Jelang Natal, Arus Lalu Lintas di Tol Trans Jawa Masih Landai

Mula AkmalMula Akmal - Jumat, 23 Desember 2022
Dua Hari Jelang Natal, Arus Lalu Lintas di Tol Trans Jawa Masih Landai
Ilustrasi penutupan jalan Tol Layang MBZ. (ANTARA/Ali Khumaini/dok)

MerahPutih.com - Arus lalu lintas di jalur trans Jawa belum menunjukkan kepadatan meski sudah memasuki musim libur Natal dan Tahun Baru 2023.

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Polri, Kombes Nurul Azizah mengatakan arus lalu lintas di jalur Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) masih ramai lancar cenderung landai.

Baca Juga:

Ayam Kodok, Sajian Khas Natal Rasa ‘Londo’

Hal itu diungkapkannya ketika melakukan pemantauan melalui udara, dua hari menjelang Hari Raya Natal.

Nurul memantau menggunakan helikopter AW-169 milik Dirpolairud Baharkam Polri sejak pukul 08.15 hingga 09.30 WIB.

"Situasi kelancaran lalu-lintas masih dalam kondisi lancar cenderung landai," kata Nurul di Pos Polisi Cikopo, Purwakarta, Jawa Barat, Jumat (23/12).

Hanya saja, ada beberapa titik yang mengalami ketersendatan lantaran kendaraan masuk pintu Tol Mohammed Bin Zayed (MBZ) dan keluar pintu Tol MBZ.

"Kemudian di posisi KM 57 kembali berjalan lancar sampai pintu tol Cipali ramai lancar. Begitu juga ketika masuk di rest area masih lancar," terangnya.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Alfamart Bagi-Bagi Hadiah Sambut Natal dan Tahun Baru

Ia mengimbau kepada masyarakat agar menjaga ketertiban tidak melakukan pelanggaran selama melaksanakan cuti liburan Natal dan juga Tahun Baru.

Ia pun menambahkan, agar para pengendara untuk menjaga batas kecepatan. Pasalnya, cuaca saat ini cukup tidak bersahabat. Sejak berangkat dari Jakarta hingga Cipali, kondisi hujan gerimis.

Senada dengan Nurul, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Purwakarta Iwan Soeroso mengatakan kenaikan kendaraan hingga siang ini belum siginifikan. Menurutnya, hal itu dikarenakan karena masyarakat masih tengah bekerja.

"Peningkatan sekitar 15-20 persen di jam-jam tertentu yang mengarah ke luar kota, karena masih jam kerja," terangnya.

Iwan mengatakan bila terjadi kemacetan di ruas tol, Dishub dibantu pihak kepolisian akan melakukan rekayasa lalu lintas. Kendaraan nanti akan diarahkan melalui jalur arteri.

"Bilamana kendaraan dari arah barat ke timur melalui Tol Cikopo akan diarahkan ke jalur arteri, jalur Cikampek namanya Simpang Jomin, alternatif kedua jalan Sadang-Subang dan ketiga jalur Wanayasa," jelasnya. (Knu)

Baca Juga:

5 Tempat Wisata di Hong Kong untuk Liburan Natal 2022

#Lalu LIntas #Natal #Tahun Baru
Bagikan
Bagikan