Dua Hakim Agung Pelantikan Biden-Harris, Satu Perempuan Warga Keturunan Latin

Wisnu CiptoWisnu Cipto - Rabu, 20 Januari 2021
Dua Hakim Agung Pelantikan Biden-Harris, Satu Perempuan Warga Keturunan Latin
Joe Biden. (Foto: VOA Indonesia)

MerahPutih.com - Joe Biden, 78 tahun, akan menjadi presiden tertua dalam sejarah AS. Presiden ke-46 AS itu mengambil sumpah jabatan di hadapan Hakim Agung AS John Roberts.

Duet Biden, Wakil Presiden terpilih Kamala Harris akan dilantik Hakim Agung AS Sonia Sotomayor, yang merupakan hakim agung pertama keturunan Amerika Latin.

.

Baca Juga:

Penjagaan Super Ketat Pelantikan Biden Jadi Presiden AS Ke-46

Dilaporkan CNN, Rabu (20/1), inaugurasi pelantikan Biden dan Harris dilangsungkan di Gedung Capitol Washington, Rabu pagi sekitar pukul 11.00 waktu setempat.

Upacara pelantikan digelar secara lebih sederhana dibandingkan pelantikan Presiden AS sebelumnya, tetapi dengan penjagaan ketat.

Kekhawatiran atas masalah keamanan pelantikan muncul usai Gedung Capitol, diserbu massa pendukung Trump pada 6 Januari lalu. Tercatat hampir 10.000 pasukan Garda Nasional terlibat dalam pengamanan proses inaugurasi.

Kamala Harris
Wail Presiden AS terpilih Kamala Harris. (foto: Elle)

Serangan Gedung Capitol sebelumnya dipicu pendukung Trump yang tersulut oleh klaim Trump bahwa ia dicurangi pada pemilihan presiden AS pada November 2020 hingga kehilangan jutaan suara dukungan. Trump sendiri sudah memastikan takkan menghadiri acara pelantikan Biden dan Harris.

Trump bersama istri telah meninggalkan Gedung Putih sedikit lewat pukul 08.00 waktu setempat untuk terakhir kalinya dengan helikopter menuju Pangkalan Angkatan Udara Gabungan Andrews.

Trump memutus tradisi politik di AS selama lebih dari setengah abad dengan tidak menghadiri pelantikan Biden. Tradisi tersebut dipandang sebagai cara untuk menegaskan peralihan kekuasaan secara damai dari presiden lama kepada presiden baru.(*)

Baca Juga

Makna Angka 400 Jelang Pelantikan Biden dan Pandemi COVID-19

#Pilpres AS #Kamala Harris #Joe Biden
Bagikan
Ditulis Oleh

Wisnu Cipto

Bagikan