Dua Gempa Berselang Dua Menit di Wilayah Sumatera dan Jawa Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo (Foto: antaranews)

MerahPutih.Com - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memonitor dua gempa bumi terjadi berselang dua menit pada Kamis ini (30/4). Gempa tersebut terjadi di wilayah Sumatera dan Jawa.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Bencana BNPB Agus Wibowo mengatakan gempa pertama bermagnitudo 5,6 terjadi pada pukul 15.20 WIB.

Baca Juga:

Curah Hujan Tinggi 20 RW di Jakarta Banjir Hingga 90 Sentimeter

"Gempa dengan kedalaman 10 km memiliki koordinat 24 km barat laut Padang Lawas, 33 km barat laut Mandailing Natal, 36 km tenggara Padang Sidempuan, di wilayah Sumatera Utara," kata Agus dalam keterangannya, Kamis (30/4).

Ilustrasi gempa bumi
Ilustrasi Gempa Bumi. (Thepioneeronline)

Gempa ini, kata Agus, dirasakan kuat masyarakat di Padang Lawas dan Padang SIdempuan. Menurutnya, warga sempat panik saat terjadi goncangan.

"Sedangkan di Mandailing Natal, warga merasakan getaran sedang," ujarnya.

Agus mengatakan, pegawai BPBD Kabupaten Mandailing Natal sempat mengevakuasi diri keluar dari Gedung. BPBD di dua tempat tadi memantau kondisi lapangan pascagempa.

"Berselang dua menit, gempa terjadi di wilayah Jawa pada pukul 15.22 WIB. Gempa bermagnitudo 5,0 ini berada di kedalaman 24 km," kata Agus.

Baca Juga:

Kasus Corona di DKI Rabu (29/4): Positif 4.033 Orang, Meninggal 381 Jiwa

Titik episenter gempa berada 48 km tenggara Kabupaten Sukabumi, 58 km barat daya Kota Sukabumi, Jawa Barat, serta 71 km tenggara Bayah, Banten.

"Masyarakat di Kabupaten Sukabumi merasakan getaran berkekuatan sedang selama 1 hingga 2 detik. BMKG merilis bahwa kedua gempa tersebut tidak berpotensi tsunami," tutup Agus Wibowo.(Pon)

Baca Juga:

Kota Cirebon Tunggu Penerapan PSBB dari Pemprov Jabar

Kredit : ponco

Tags Artikel Ini

Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH