Dua Faktor yang Buat Moeldoko Masuk Bursa Cawapres Jokowi

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Selasa, 17 Juli 2018
Dua Faktor yang Buat Moeldoko Masuk Bursa Cawapres Jokowi
Kepala KSP Moeldoko saat masih menjabat sebagai Panglima TNI (kiri). Foto: ANTARA

Merahputih.com - Peneliti politik The Habibie Center, Bawono Kumoro menilai Jenderal TNI (Purn) Moeldoko bisa masuk ke dalam bursa bakal calon wakil presiden karena mempunyai sikap tegas dan karismatik.

"Calon yang berlatar belakang militer cenderung lebih disukai dari aspek ketegasan, karismatik dan wibawa yang itu tidak dimiliki oleh calon-calon yang tidak berlatar belakang militer," ujar Bawono kepada Antara di Jakarta, Senin (16/7).

Persepsi dari sebagian pemilih di Indonesia, menurut Bawono, adalah apabila mencari ketegasan dan kewibawaan dari seorang pemimpin maka sebaiknya yang berlabel militer. Keunggulan tersebut terlihat setiap kontestasi, terutama pilpres, calon dari militer yang muncul diperhitungkan, misalnya Ketum Umum DPP Partai Gerindra Prabowo dan Ketum DPP Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono.

"Dalam konteks cawapres salah satu militer misalnya juga muncul sebagai cawapres Joko Widodo ada Moeldoko, sementara cawapres Prabowo ada Agus Harimurti Yudhoyono atau Jenderal TNI (Purn) Gatot Nurmantyo," tutur Bawono dikutip Antara.

jokowi
Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko (kanan) mendampingi Presiden Jokowi saat acara Rembuk Nasional Aktivis 98. Foto: Biro Pers Setpres

Terkait peluang sosok dari militer seperti Moeldoko, dipilih Joko Widodo untuk menjadi pasangan dalam Pilpres 2019, dikatakan Bawono hanya diketahui oleh caprea berdasar kebutuhan.

Apabila Joko Widodo atau partai koalisi merasa yang dibutuhkan adalah sosok untuk membantu akselerasi ekonomi, menurut dia, maka pilihannya bukanlah nama Moeldoko Begitu pula jika kebutuhannya untuk membendung persepsi bahwa Joko Widodo tidak dekat dengan umat Islam, maka yang menjadi pilihan mungkin sosok lain.

"Kembali pada capres, yang tahu kebutuhan adalah capres sendiri," tutur Bawono.

#Jenderal Moeldoko
Bagikan
Bagikan