Dua Capres Teratas Usulan DPW di Rakernas NasDem, Anies Unggul Tipis dari Ganjar

Wisnu CiptoWisnu Cipto - Kamis, 16 Juni 2022
Dua Capres Teratas Usulan DPW di Rakernas NasDem, Anies Unggul Tipis dari Ganjar
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: MP/Asropih)

MerahPutih.com - Nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menduduki tempat teratas dalam daftar nama calon presiden yang diajukan pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) NasDem saat Rapat Kerja Nasional (Rakernas) partai.

Dukungan terhadap Anies dan Ganjar itu terkuak ketika Rakornas NasDem meminta nama-nama capres dari 34 DPW yang hadir.

Baca Juga:

Mayoritas DPW NasDem Usulkan Nama Anies dan Ganjar sebagai Capres ke DPP

Masing-masing DPW mengusulkan satu hingga lima nama. Tiap DPW memiliki waktu 5 menit untuk menyebut daftar nama capres yang akan mereka usulkan kepada Dewan Pimpinan Pusat (DPP) NasDem.

"Laporan langsung ke meja sidang," kata Sekretaris Steering Committee Rakernas NasDem Willy Aditya yang memimpin sidang Rakernas NasDem, di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Kamis (16/6).

DPP NasDem tengah mendengarkan usulan nama bakal capres dari DPW NasDem di sela-sela pelaksanaan Rakernas NasDem di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Kamis (16/6/2022). (ANTARA/Syaiful Hakim)

Dari 22 DPW yang sudah menyetor nama capres, hanya DPW Kaltim tidak mengusulkan sosok Anies atau Ganjar sebagai capres. Mereka hanya mengusulkan satu nama dari internal NasDem, yakni Prananda Surya Paloh, yang juga putra Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh.

Adapun 21 DPW sisanya menyodorkan nama Anies atau Ganjar dalam daftar mereka. Namun, Anies mampu unggul satu suara dari Gubernur Jateng yang juga masih tercatat sebagai kader PDIP itu.

Baca Juga

Bersifat Internal, Rakernas NasDem Tak Undang Jokowi dan Parpol Lain

Keunggulan Anies datang dari DPW NasDem Banten yang mengusulkan Anies Baswedan, Erick Thohir, Sandiaga Uno, Jenderal TNI Andika Perkasa, dan Wahidin A (kader), tanpa ada nama Ganjar.

Tak hanya Anies dan Ganjar yang diusulkan oleh DPW NasDem, nama Menteri BUMN Erick Thohir, Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa, Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman dan Ridwan Kamil, juga disebut sebagai bakal capres.

Hadir dalam pengusulan nama capres itu dilansir Antara, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, Sekjen NasDem Johnny G. Plate, dan Wakil Ketua Umum NasDem Ahmad Ali. (Knu)

Baca Juga

Kader NasDem Wilayah Rekomendasikan Anies dan Ganjar di Pilpres 2024

#Pilpres #Pemilu
Bagikan
Bagikan