Dua Belas Jam Lebih Diperiksa, Ma'ruf Amin Sebut Haji Lebih Melelahkan Bacapres Jokowi bersama bacawapres KH Ma'ruf Amin di RSPAD Gatot Subroto Jakarta (Foto: MP/Fadhli)

MerahPutih.Com - Calon Presiden Petahana Joko Widodo dan bakal calon wapresnya KH Ma'ruf Amin menyelesaikan proses pemeriksaan kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Minggu (12/8) malam.

Kurang lebih 12 jam, Jokowi-Kiai Ma'ruf diperiksa oleh tim dokter gabungan dari IDI dan RSPAD Gatot Soebroto.

"Kami telah menyelesaikan pemeriksaan kesehatan. Insyaallah sehat semuanya. Karena kalau kita lihat, beliau masih segar bugar, saya juga masih segar bugar," ujar Jokowi usai melakukan pemeriksaan di RSPAD.

Presiden RI ke-7 itu mengatakan tidak ada kendala berarti dalam periksaan sehari itu.

"Gak ada, Alhamdulilah gak ada," kata dia.

Tim Dokter RSPAD
Tim Dokter yang ditunjuk KPU untuk memeriksa kesehatan capres-cawapres di RSPAD (Foto: MP/Fadhli)

Jokowi juga mengakui tidak ada bagian pemeriksaan yang menyita energinya, karena pemeriksaan semacam ini sudah beberapa kali dijalaninya.

"Gak ada yang melelahkan. Dicek kok melalelahkan. Tidur dicek, pindah kamar dicek lagi. Gitu-gitu aja," tambahnya.

Pernyataan serupa juga diutarakan bakal cwapres Ma'ruf Amin. Diakuinya, tidak ada yang melelahkan dari pemeriksaan kesehatan ini.

Justru, kata dia lebih melelahkan saat menunaikan ibadah haji.

"Gak ada yang melelahkan. Lebih lelah kalau kita keliling ke daerah-daerah atau haji atau tawaf atau sai, itu lebih berat," kata KH Ma'ruf Amin.

Terkait pemeriksaan kesehatan tersebut, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) juga menyerahkan Surat Tanda Selesai Pemeriksaan bagi Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden diwakili oleh Prof dr Ilham Oetama Marsis.

Menurut Ilham, seluruh proses pemeriksaan kesehatan kepada Jokowi dan Ma'ruf Amin selesai pada pukul 19.30 WIB.

IDI sebelumnya mengatakan kesimpulan yang akan diberikan kepada KPU pada pekan ini adalah calon mampu atau tidak mampu secara jasmani dan rohani; serta positif atau negatif penyalahgunaan narkoba.(Fdi)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Wong Solo Kirim Dakon Hingga Wayang Kulit untuk Korban Gempa di Lombok

Kredit : fadhli


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH