Musik

Drummer Awal Earth, Wind & Fire Meninggal

Hendaru Tri HanggoroHendaru Tri Hanggoro - Selasa, 03 Januari 2023
Drummer Awal Earth, Wind & Fire Meninggal
Drummer Earh, Wind & Fire, meninggal dunia. (Foto: Instagram/Verdine White)

KABAR duka kembali mengalun dari dunia musik pada awal 2023 ini. Fred White, mantan drummer Earth, Wind & Fire, menghembuskan napas terakhir pada Minggu (1/1) waktu setempat dalam usia ke-67.

Kabar duka ini dilaporkan pertama kali keesokan harinya oleh saudara kandung Fred, Verdine White, yang juga merupakan pemain bass untuk Earth, Wind & Fire.

“Keluarga dan teman kami yang tersayang, keluarga kami bersedih hari ini karena kehilangan anggota keluarga kami yang luar biasa dan berbakat. Saudara terkasih kami, Frederick Eugene ‘Freddie White’,” tulis Verdine pada unggahan di Instagramnya, Senin (2/1).

Baca juga:

David Bayu Rilis Video Musik 'It's Okay for Me Now' Sebagai Penutup 2022

“Dia bergabung dengan saudara kami, Maurice, Monte dan Ronald di surga, dan kini bermain drum bersama para malaikat,” tambah Verdine.

Menurut keterangan Verdine, mendiang Fred White merupakan salah satu personel asli dari Earth, Wind & Fire yang awalnya beranggotakan sembilan orang.

Fred adalah anak nomor empat dari White bersaudara. Verdine mendeskripsikan mendiang saudaranya itu sebagai seorang ‘anak berbakat’ dalam bermain drum. Fred White diketahui sudah mulai bergabung dengan Earth, Wind & Fire sejak usianya masih 16 tahun.

“Lebih dari itu, di rumah dan di luar rumah, dia adalah saudara yang luar biasa yang selalu menghibur dan menyenangkan. Kami selalu mengandalkan dia untuk membuat segala situasi sulit menjadi lebih ringan. Dia akan berada di hati kami selamanya, beristirahatlah dengan kuat, Freddie tersayang,” tutur Verdine.

Baca juga:

God Bless Lepas Video Musik Animasi Sambut 2023

Sampai saat ini, baik Verdine White maupun anggota keluarga lainnya, belum menjelaskan lebih lanjut penyebab kematian Fred White.

Fred kecil sudah mulai bermain drum pada usia sembilan tahun. Di usia yang masih muda, dirinya sudah terlibat dalam album rekaman Donny Hathaways Live ketika masih berusia 16 tahun. Tak lama kemudian, tepatnya pada 1974 Fred bergabung dengan Earth, Wind & Fire. Band yang didirikan oleh kakak tertuanya, Maurice.

Earth, Wind & Fire merupakan sebuah grup lintas genre yang memadukan warna musik soul, R&B, funk, jazz hingga rock. Dalam perjalanannya, band ini telah merilis lebih dari 10 album dan menjadi salah satu band terpenting dalam ranah musik funk. (kna)

Baca juga:

Boy Band dari Film 'Turning Red' Rilis Video Musik Terbaru

#Musik
Bagikan
Bagikan