Musik

‘Drowned In The Sun’ Lagu Baru Nirvana yang Tercipta lewat Kecerdasan Buatan

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Minggu, 11 April 2021
‘Drowned In The Sun’ Lagu Baru Nirvana yang Tercipta lewat Kecerdasan Buatan
Kecerdasan buatan bikin lagu semirip karya Kurt Cobain di Nirvana. (Foto: hypebeast)

SEJAK meninggalnya Kurt Cobain, ikon grunge sekaligus vokalis Nirvana, pada 1994 silam. Para penggemar Nirvana dari seluruh dunia berandai tentang musik seperti apa yang akan ia buat seandainya Cobain masih ada.

Sampai pada awal April 2021, sebuah lagu yang disebut sebagai ‘karya terbaru Nirvana’ dikabarkan hadir dan tercipta dari sebuah kecerdasan buatan (artificial intelegence).

Sebuah organisasi telah membuat hal tersebut menjadi kenyataan. Teknologi AI yang mereka gunakan, berhasil membuat karya yang mirip dengan ciri dan karakteristik khas sang vokalis Nirvana.

Baca juga:

Jelang Album Baru, Twenty One Pilots Rilis Single 'Shy Away'

Proyek yang dinamakan Lost Tapes of the 27 Club ini menggunakan software AI untuk membuat lagu dengan gaya musisi yang meninggal pada usia 27 atau dikenal dengan The 27 Club. Salah satu lagu berjudul Drowned in the Sun dikatakan mampu meniru lagu khas Nirvana yang liriknya kebanyakan ditulis oleh Kurt Cobain.

Dilansir dari Rolling Stone, AI bernama Magenta besutan Google ini bekerja dengan menganalisa lagu Nirvana untuk menghasilkan lirik dan instrumen musik. Sedangkan untuk vokal direkam oleh Eric Hogan, vokalis dari band tribute Nirvana.

Mulai dari pergantian frasa hingga permainan gitar yang sembrono, semua itu adalah karya dari kecerdasan buatan tersebut. Tujuan mereka adalah menarik perhatian dari tragedi Cobain yang menginggal karena bunuh diri, dan bagaimana musisi yang masih hidup bisa mendapatkan bantuan untuk mengatasi depresi.

Baca juga:

Nostalgia Konser Lawas Radiohead yang Resmi Dirilis Secara Gratis

‘Drowned In The Sun’ Lagu Baru Nirvana yang Tercipta lewat Kecerdasan Buatan
Pentolan dari Nirvana, Kurt Cobain. (Foto: rolling stone)

Tidak hanya Kurt Cobain saja, dalam proyek yang sama mereka juga menampilkan lagu-lagu yang ditulis dan dimainkan oleh musisi The 27 Club. Seperti Your’re Gonna Kill Me dari Jimi Hendrix, Man, I Know dari Amy Winehouse, dan The Roads Are Live dari Jim Morrison.

Setiap lagu yang dihasilkan dari program AI tersebut telah menganalisis hingga 30 lagu dari setiap artis, dan mempelajari secara terperinci melodi vokal, perubahan kord, riff dan solo gitar, serta pola drum juga lirik untuk menebak seperti apa komposisi ‘baru’ dari mereka.

Proyek Lost Tapes of The 27 Club merupakan hasil kerja dari organisasi Over the Bridge yang berbasis di Toronto, Kanada. Organisasi ini bertujuan untuk membantu para pelaku industri musik, terutama musisi, yang berjuang dengan masalah mental. (far)

Baca juga:

Rapper DMX Meninggal Karena Overdosis?

#Musik #Artificial Intelligence #Kurt Cobain
Bagikan
Ditulis Oleh

Febrian Adi

part-time music enthusiast. full-time human.
Bagikan