Teknologi
Drone Mainkan Peranan Penting dalam Membangun Ibu Kota Negara Baru Pembangunan ibu kota negara bar manfaatkan drone (Sumber: Pexels/Darrel un)

PEMERINTAH mencanangkan wacana pemindahan ibu kota negara dengan pengesahan Rancangan Undang-Undang Ibu Kota Negara (RUU IKN). Pemerintah menyebutkan tujuan utama pembangunan IKN ini ialah membangun smart city yang mampu bersaing di tingkat global.

Tujuan tersebut akan dapat tercapai dengan mengimplementasikan inovasi, teknologi, dan ekonomi hijau. Salah satu teknologi yang dapat memberikan peran dalam terciptanya kota tersebut ialah teknologi drone. Dalam pembangunan ibu kota baru negara, teknologi drone dimanfaatkan untuk hal-hal berikut.

BACA JUGA:

Manfaat Drone untuk Industri Pertambangan di Indonesia

Pemetaan lahan

BU KOTA
Pemetaan lahan (Foto: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat)

Drone sudah sejak lama dikenal dapat digunakan untuk kegiatan pemetaan. Cara kerja drone yang dapat memetakan lahan luas dalam sekali terbang sangat efektif dan efisien untuk menggantikan metode konvensional dengan melakukan pemetaan di darat yang butuh banyak waktu, tenaga dan biaya serta cukup berbahaya.

"Data dari drone dinilai jauh lebih akurat dan terperinci untuk digunakan sebagai dasar membuat desain infrastruktur yang dibutuhkan para kontraktor," urai CEO Terra Drone Michael Wishnu Wardhana. Selain itu, peta yang dihasilkan pun bukan hanya peta untuk menggambarkan kondisi di permukaan tanah, melainkan juga dapat mengungkapkan kondisi di bawah tanah.

Kondisi bawah tanah bisa terdeteksi berkat teknologi drone ground penetrating radar (GPR). Teknologi itu sangat berguna untuk kebutuhan pemetaan di bawah tanah ketika merancang jalur saluran pipa air dan utilitas lainnya dalam pembangunan infrastruktur.

Monitor Pembangunan Infrastruktur

drone
Pemanfaatan drone untuk ibu kota negara baru (Foto: Terra Drone)

Sejak menjadi topik hangat yang dibahas masyarakat Indonesia, sudah banyak video drone yang memperlihatkan gambaran kondisi ibu kota negara saat ini. Dengan drone, suguhan video dan gambar yang dihasilkan lebih luas dan jelas tanpa perlu usaha yang banyak. Hal tersebut dapat diterapkan saat pembangunan infrastruktur nanti.

"Drone dapat memantau dan mendokumentasikan kemajuan konstruksi dengan presisi tinggi. Status pembangunan yang setiap hari berjalan dapat dilihat oleh para kontraktor dan pemangku kepentingan tanpa harus berada di lokasi," ujar Michael. Menurutnya, hal tersebut juga dapat terus memastikan pembangunan sesuai rencana yang dibuat sejak awal.

Smart city

SMART CITY
Smart City (Sumber: Pexels/James Chaney)

Selain terlibat dalam pembangunan IKN, drone juga direncanakan akan masuk ekosistem ibu kota baru yang menerapkan konsep smart city. Kemenhub sedang menyiapkan desain rute pesawat nirawak di ibu kota negara baru untuk menyediakan konektivitas barang maupun logistik secara cepat.

Pemerintah juga mengindikasikan IKN akan menjadi kota hijau dan bebas dari polusi dan emisi CO2 dari kendaraan berbahan bakar fosil. Tidak menutup kemungkinan nantinya drone sebagai alat transportasi orang akan hadir mengingat bahan bakarnya menggunakan listrik.

Selain itu, drone dapat berperan membantu warga melalui pemantauan lalu lintas hingga tanggap bencana. Di beberapa negara lain, drone sudah mengambil peran membantu petugas keamanan dalam memantau kondisi lalu lintas dan memonitor hal-hal yang mencurigakan tanpa disadari oleh orang sekitar. Drone juga dapat membantu petugas kebencanaan dalam tanggap darurat bencana seperti kebakaran hutan, banjir dan lain sebagainya.

Selain itu, pemerintah melalui kementerian perhubungan (Kemenhub) juga gencar untuk terus memberikan ruang bagi para pengguna dan pilot drone untuk dapat mengoperasikan drone mereka secara legal. Terbaru, Kemenhub telah meresmikan platform SIDOPI bagi para pilot drone untuk dapat mendaftarkan diri agar mendapatkan sertifikat resmi sebagai pilot drone.(Avia)

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Mengenal Katie Macleod, Digital Nomad yang Sudah WFH dari 78 Negara
Fun
Mengenal Katie Macleod, Digital Nomad yang Sudah WFH dari 78 Negara

Katie bisa bekerja dari berbagai negara di berbagai zona waktu.

Bisnis Desa Wisata Membaik, Pemesanan Airbnb Capai Rekor Tertinggi
Fun
Bisnis Desa Wisata Membaik, Pemesanan Airbnb Capai Rekor Tertinggi

Bisnis wisata tetap menguat meskipun ada kekhawatiran tentang perlambatan ekonomi dan kenaikan harga.

Berdamai dengan Duka Kehilangan
Fun
Berdamai dengan Duka Kehilangan

Cara berdamai dengan rasa kehilangan.

Rawat Bumi Mulai dari Hal Sepele
Fun
Rawat Bumi Mulai dari Hal Sepele

Tidak sulit untuk bisa berkontribusi merawat bumi.

Tren Subkultur Gyaru dari Shibuya Kembali Lagi
Fashion
Tren Subkultur Gyaru dari Shibuya Kembali Lagi

Subkultur ini tumbuh ketika Jepang sedang masuk resesi ekonomi.

Jejak The Beatles Ubah Bunyi Gitar
Fun
Jejak The Beatles Ubah Bunyi Gitar

Bunyi gitar hasil kreasi musik the Beatles mengubah musik.

Perubahan Tren Industri Otomotif di Tahun 2022
Fun
Perubahan Tren Industri Otomotif di Tahun 2022

Paling tidak ada lima tren otomotif yang akan hadir di 2022.

5 Manfaat Air Dingin bagi Kesehatan, Bisa Turunkan Berat Badan
Fun
5 Manfaat Air Dingin bagi Kesehatan, Bisa Turunkan Berat Badan

Siapa bilang air dingin tidak menyehatkan.

Vettel Cabut, Alonso Pindah ke Aston Martin
Fun
Vettel Cabut, Alonso Pindah ke Aston Martin

Ada sejumlah faktor yang membuat Alonso memilih Aston Martin.

PlayStation Stars, Program Terkini Sony Manjakan Pemain
Fun
PlayStation Stars, Program Terkini Sony Manjakan Pemain

Semua pemain bisa bergabung dari pemain kasual, hingga atlet e-sports.