Teknologi

Drone Mainkan Peranan Penting dalam Membangun Ibu Kota Negara Baru

Iftinavia PradinantiaIftinavia Pradinantia - Selasa, 05 April 2022
Drone Mainkan Peranan Penting dalam Membangun Ibu Kota Negara Baru
Pembangunan ibu kota negara bar manfaatkan drone (Sumber: Pexels/Darrel un)

PEMERINTAH mencanangkan wacana pemindahan ibu kota negara dengan pengesahan Rancangan Undang-Undang Ibu Kota Negara (RUU IKN). Pemerintah menyebutkan tujuan utama pembangunan IKN ini ialah membangun smart city yang mampu bersaing di tingkat global.

Tujuan tersebut akan dapat tercapai dengan mengimplementasikan inovasi, teknologi, dan ekonomi hijau. Salah satu teknologi yang dapat memberikan peran dalam terciptanya kota tersebut ialah teknologi drone. Dalam pembangunan ibu kota baru negara, teknologi drone dimanfaatkan untuk hal-hal berikut.

BACA JUGA:

Manfaat Drone untuk Industri Pertambangan di Indonesia



Pemetaan lahan

BU KOTA
Pemetaan lahan (Foto: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat)


Drone sudah sejak lama dikenal dapat digunakan untuk kegiatan pemetaan. Cara kerja drone yang dapat memetakan lahan luas dalam sekali terbang sangat efektif dan efisien untuk menggantikan metode konvensional dengan melakukan pemetaan di darat yang butuh banyak waktu, tenaga dan biaya serta cukup berbahaya.

"Data dari drone dinilai jauh lebih akurat dan terperinci untuk digunakan sebagai dasar membuat desain infrastruktur yang dibutuhkan para kontraktor," urai CEO Terra Drone Michael Wishnu Wardhana. Selain itu, peta yang dihasilkan pun bukan hanya peta untuk menggambarkan kondisi di permukaan tanah, melainkan juga dapat mengungkapkan kondisi di bawah tanah.

Kondisi bawah tanah bisa terdeteksi berkat teknologi drone ground penetrating radar (GPR). Teknologi itu sangat berguna untuk kebutuhan pemetaan di bawah tanah ketika merancang jalur saluran pipa air dan utilitas lainnya dalam pembangunan infrastruktur.



Monitor Pembangunan Infrastruktur

drone
Pemanfaatan drone untuk ibu kota negara baru (Foto: Terra Drone)


Sejak menjadi topik hangat yang dibahas masyarakat Indonesia, sudah banyak video drone yang memperlihatkan gambaran kondisi ibu kota negara saat ini. Dengan drone, suguhan video dan gambar yang dihasilkan lebih luas dan jelas tanpa perlu usaha yang banyak. Hal tersebut dapat diterapkan saat pembangunan infrastruktur nanti.

"Drone dapat memantau dan mendokumentasikan kemajuan konstruksi dengan presisi tinggi. Status pembangunan yang setiap hari berjalan dapat dilihat oleh para kontraktor dan pemangku kepentingan tanpa harus berada di lokasi," ujar Michael. Menurutnya, hal tersebut juga dapat terus memastikan pembangunan sesuai rencana yang dibuat sejak awal.


Smart city

SMART CITY
Smart City (Sumber: Pexels/James Chaney)


Selain terlibat dalam pembangunan IKN, drone juga direncanakan akan masuk ekosistem ibu kota baru yang menerapkan konsep smart city. Kemenhub sedang menyiapkan desain rute pesawat nirawak di ibu kota negara baru untuk menyediakan konektivitas barang maupun logistik secara cepat.

Pemerintah juga mengindikasikan IKN akan menjadi kota hijau dan bebas dari polusi dan emisi CO2 dari kendaraan berbahan bakar fosil. Tidak menutup kemungkinan nantinya drone sebagai alat transportasi orang akan hadir mengingat bahan bakarnya menggunakan listrik.

Selain itu, drone dapat berperan membantu warga melalui pemantauan lalu lintas hingga tanggap bencana. Di beberapa negara lain, drone sudah mengambil peran membantu petugas keamanan dalam memantau kondisi lalu lintas dan memonitor hal-hal yang mencurigakan tanpa disadari oleh orang sekitar. Drone juga dapat membantu petugas kebencanaan dalam tanggap darurat bencana seperti kebakaran hutan, banjir dan lain sebagainya.

Selain itu, pemerintah melalui kementerian perhubungan (Kemenhub) juga gencar untuk terus memberikan ruang bagi para pengguna dan pilot drone untuk dapat mengoperasikan drone mereka secara legal. Terbaru, Kemenhub telah meresmikan platform SIDOPI bagi para pilot drone untuk dapat mendaftarkan diri agar mendapatkan sertifikat resmi sebagai pilot drone.(Avia)

#Otomotif #Drone #Wilayah Terbang Drone
Bagikan
Ditulis Oleh

Iftinavia Pradinantia

I am the master of my fate and the captain of my soul
Bagikan