Drone Light Show: Cara Drone Meriahkan Malam Pertunjukan cahaya menggunakan Drone. (Foto: Wikimedia)

KEMBANG api kerap digunakan untuk memeriahkan berbagai perayaan hari besar pada malam hari. Harmonisasi cahaya kembang api menarik mata para pengunjung tempat wisata hingga pada gelaran acara besar sejak dahulu hingga sekarang.

Seiring perjalanan waktu, perkembangan teknologi melahirkan drone yang mampu memberi efek-efek cahaya macam kembang api yang kini dikenal sebagai drone light show. Adalah pertunjukan yang memanfaatkan sejumlah drone berjenis quadcopter dan dikendalikan secara teratur melalui sistem komputer tanpa kendali pilot sama sekali.

Pesawat nirawak tersebut akan terbang sesuai formasi sambil menampilkan cahaya dengan berbagai warna tertentu. Sehingga bila dilihat penonton, gerak terbang dan cahaya dari drone akan menampilkan bentuk dan warna yang menarik.

Baca juga:

Tiongkok Pamerkan Drone Bawah Air Seperti Ikan Sungguhan

Drone bisa menjadi hiburan penggantin kembang api. (Foto: Unsplash/William Daigneault)

Awal mula ide tersebut muncul ketika penggunaan drone mulai marak di masyarakat. Vijay Kumar, dekan teknik di Universitas Pennsylvania menyampaikan ide tersebut pada 2012 lalu. Kemudian tak lama sejak itu, pada 2012 terciptalah pertunjukan perdana menggunakan drone di Kota Linz, Austria, oleh Art Electronica Futurelab.

Tentu tak mudah mengendalikan drone dalam jumlah banyak secara bersamaan terlebih menggunakan formasi yang indah. Maka dibutuhkan banyak peran dan keahlian untuk berkecimpung dalam jenis pertunjukan baru tersebut.

Cara kerjanya adalah dengan membuat sejumlah drone beratraksi dengan formasi terbang tertentu. Drona yang digunakan bukan seperti yang biasanya melainkan drone yang mengandalkan GPS, sensor, dan lampu LED besar dengan sistem kendali yang terpusat pada satu komputer.

Baca juga:

Manfaat Drone untuk Industri Pertambangan di Indonesia

Sedangkan formasi terbangnya menggunakan peran desainer ataupun animator yang mengkonsep visual gerak setiap drone. Tak hanya arah terbangnya yang didesain namun juga rancangan harmoni warna lampu dari setiap drone.

Konsep visual yang sudah dirancang sedemikian rupa tersebut diserahkan ke bagian programming dan pilot sehingga menjadi konfigurasi program yang dapat menjadi gerak terbang drone.

Namun bukan hanya terbang karena perbedaan drone untuk pertunjukan terdapat pada kemampuan untuk terbang selama mungkin dan seterang-terangnya. Formasi terbang juga dapat dibentuk sesuai keinginan seperti membantu kalimat atau gambar tertentu.

Indonesia sendiri juga pernah menjadikan drone light show sebagai bagian dari hiburan pada gelaran Asian Games 2018 di mana sebanyak 300 drone membentuk formasi dari kalimat 'Asian Games 2018' hingga membentuk orang membawa obor.

Baca juga:

Helikopter Drone, Inovasi Logistik Aman

Terra Drone Indonesia tawarkan jasa hiburan drone light show. (Foto: Unsplash/Dose Media)

Banyak penonton yang terpukau dengan keindahan pemanfaatan drone sebagai bentuk hiburan pertama di Indonesia. Hingga kini sudah banyak acara lainnya yang mulai memanfaatkan drone sebagai bagian dari pertunjukan hiburan.

Maka dari itu Michael Wishnu Wardana selaku Managing Director Terra Drone Indonesia mengungkapkan pertunjukan drone adalah salah satu contoh perkembangan teknologi yang diterima baik oleh masyarakat.

"Kini pertunjukan di acara besar sudah mulai menggunakan drone karena bisa menampilkan visual sesuai keinginan dan tema acara. Terra Drone Indonesia pun mulai tahun ini sudah bisa memberikan jasa drone light show setelah mulai banyaknya permintaan dan paham betul mengenai peraturannya," katanya dalam keterangan resmi.

Dirinya berharap Terra Drone Indonesia dapat berkolaborasi dengan banyak pihak agar nantinya dapat memberi pertunjukan drone yang cantik di Indonesia. (waf)

Baca juga:

Google Luncurkan Aplikasi Bantu Operasional Pilot Drone

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Amazon Resmi Akuisisi MGM
ShowBiz
Amazon Resmi Akuisisi MGM

Amazon telah resmi mengakuisisi MGM, rumah produksi film ternama, bersejarah, dan paling ikonik di Hollywood.

Hubungan Mulai Jenuh? Masih Bisa Diatasi Kok
Fun
Hubungan Mulai Jenuh? Masih Bisa Diatasi Kok

Merasa jenuh dalam hubungan adalah suatu hal yang wajar.

Seumuran, Chemistry Pasangan Drakor Ini Luar Biasa
ShowBiz
Seumuran, Chemistry Pasangan Drakor Ini Luar Biasa

Pasangan di drakor ini ternyata seumuran

Segera Rilis, Intip 5 Fakta Menarik Serial 'She-Hulk: Attorney at Law'
Fun
Segera Rilis, Intip 5 Fakta Menarik Serial 'She-Hulk: Attorney at Law'

Serial 'She-Hulk: Attorney at Law' rilis 17 Agustus 2022.

Kenalin Nih, Komplotan di Money Heist: Korea—Joint Economic Area 
ShowBiz
Perayaan Membakar Gunung di Jepang
Travel
Perayaan Membakar Gunung di Jepang

Bagian dari festival unik dan mengesankan yang disebut Wakakusa Yamayaki.

3 Oil-Free Moisturizer Terbaik yang Tak Membuatmu Jadi Komedo-an
Fun
3 Oil-Free Moisturizer Terbaik yang Tak Membuatmu Jadi Komedo-an

Memiliki kandungan yang aman bagi kulit sensitif

4 Lagu Terbaik dari Serial HBO Euphoria Season 1
ShowBiz
4 Lagu Terbaik dari Serial HBO Euphoria Season 1

Berikut ini lagu-lagu terbaik dari HBO Euphoria Season 1:

Zodiak Paling Cerewet, Kamukah itu?
Fun
Zodiak Paling Cerewet, Kamukah itu?

Zodiak-zodiak ini betah ngonbrol apapun sampai berjam-jam.

COVID-19 Resmi Jadi Pandemi Paling Parah dalam Sejarah AS
Hiburan & Gaya Hidup
COVID-19 Resmi Jadi Pandemi Paling Parah dalam Sejarah AS

Jumlah kematian harian di AS tidak pernah di bawah angka 144.