Drone Canggih, Solusi Belanja Aman di Supermarket Drone canggih siap antar belanjaan secepat kilat (Foto: Pexels/JESHOOTS.com)

PESAWAT tanpa awak sudah bukan hal yang 'wow'. Akan tetapi langkah yang digunakan Walmart cukup dibilang kreatif dan unik untuk memberikan layanan terbaik kepada pelanggan.

Kini pelanggan supermarket itu tak perlu repot keluar rumah untuk mendapatkan keperluan sehari-harinya. Drone canggih siap mengantarkan belanjaan pelanggan dengan aman.

Baca juga:

Helikopter Drone, Inovasi Logistik Aman

Mirip dengan sistem ojek online. Bedanya 'kurir' drone tentu tidak akan terjebak macet karena meluncur langsung melalui udara. Belanjaan akan sampai dalam waktu singkat.

Melansir dari laman The Verge, Walmart baru saja melakukan pengiriman pertamanya menggunakan pesawat tanpa awak ini. Peluncuran program yang masih terbilang dalam skala kecil baru dilakukan di daerah Fayetteville, Carolina Utara.

Drone ini mampu angkut beban lebih dari 3 kg(Foto: Pexels/VisionPic.net)

Namun, drone ini tidak bisa mengantarkan semua jenis barang. Hanya kebutuhan sehari-hari yang bobotnya ringan. Barang berat seperti lemari es atau lemari pakaian tidak mampu diangkut drone ini. Beban yang mampu diangkut drone ini lebih dari 3 kg yang setara dengan 6-8 hamburger.

Masing-masing drone dapat terbang dengan kecepatan 32mph atau sekitar 51 km/jam dengan jarak tempuh maksimal 6.2 mil atau sekitar 10 kilometer. Drone tersebut dioperasikan oleh perusahaan startup Israel bernama Flytrex.

Baca juga:

Drone ‘Fixed-Wing’, Terobosan Baru Pengangkutan Kargo

Sebuah video demo atau pengujian menunjukan bagaimana drone menurunkan paket ke tanah dari ketinggian 24 meter dengan sebuah tali. Drone tersebut tidak mendarat demi keamanan penumpang. Baling-baling drone sangat kencang, sehingga bisa saja melukai pelanggan.

Inovasi ini juga disetujui oleh Administrasi Penerbangan di Amerika (FAA) untuk menguji pengiriman makanan di Carolina Utara tahun lalu. Dengan catatan drone-nya hanya menerbangkan rute yang telah ditentukan pada siang hari di atas area tidak berpenghuni.

Meski begitu, drone ini tidak dirancang untuk beroperasi di pusat kota nan ramai. Drone hanya akan dipergunakan di wilayah pinggiran kota. Hmm, apakah cocok jika drone seperti ini hadir di Indonesia? (ray)

Baca juga:

Drone 'R2-D2' akan Menjadi Penolong Pilot Pesawat Tempur


Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH