Drive-In Cinema, Pengobat Rindu Nonton Film di Bioskop Konsep drive-in cinema kembali untuk mengobati rasa rindu masyarakat terhadap bioskop. (Pixabay/distelAPPArath)

APAKAH kamu kangen nonton di bioskop? Pandemi COVID-19 jadi penghalang kita untuk menonton film-film baru di bioskop. Namun, hal itu tidak memberhentikan pebisnis untuk mewujudkan keinginan banyak orang untuk menikmati film di layar lebar. Sibili dengan Vida Bekasi bekerjasama untuk menghadirkan bioskop drive-in bernama Sibili-Vida Drive-in Cinema.

Drive-In Cinema, Pengobat Rindu Nonton Film di Bioskop
Drive-In cinema, bioskop yang ditonton dari dalam mobil. (Unsplash/Jona)

Drive-in cinema telah ada sejak lama. Di negara-negara barat konsep bioksop ini telah ada sejak 1933. Dilansir dari nyfa.edu, konsep nonton bioskop dari dalam mobil telah memiliki hak paten oleh Richard Hollingshead di New Jersey.

Alasan Hollingshead membuat bioskop drive-in cukup mulia, ia ingin menciptakan kenyamanan nonton di bioskop yang lebih kecil untuk ibunya.

20 tahun kemudian, ide bioskop drive-in ternyata semakin banyak diminati. Di tahun 1950-1960an, drive-in cinema menjadi sesuatu yang sangat digemari anak-anak muda.

Baca juga:

Bioskop Film Terapung Jawaban Protokol Kesehatan

Konsep drive-in cinema meredup bahkan 'tenggelam' di era 70an sebagaimana orang-orang mulai meninggalkannya. Moviegoers harus mengeluarkan lebih banyak uang karena saat itu terjadi krisis bahan bakar kendaraan.

Harga bensin yang mahal membuat mereka tidak lagi nyaman untuk menggunakan mobil pribadi, berujung pada hilangnya minat untuk bioksop drive-in.

Setelah hilang beberapa dekade, 2020 menjadi awal kebangkitan konsep bioskop drive-in. Pandemi Corona membuat orang-orang menghadirkan kembali konsep drive-in cinema. Demi menyelamatkan industri film bioksop drive-in lahir kembali, salah satunya yakni Sibili.

Drive-In Cinema, Pengobat Rindu Nonton Film di Bioskop
Sibili bekerjasama dengan Vida Bekasi untuk menampilkan film Indonesia. (Facebook/Vida Bekasi)

Awalnya Sibili merupakan bioskop keliling yang menampung berbagai aktivitas film, dengan membawa film ke daerah yang masih terbatas akses untuk menonton film ala bioskop.

Bekerjasama dengan Vida Bekasi, terbentuklah Sibili-Vida Drive-in Cinema. Sebuah konsep sinema yang memungkinkan orang-orang merasakan menonton film dengan nuansa biskop dari dalam mobil.

Membuat bioskop di luar ruangan tidaklah mudah, salah satunya masalah perizinan. Namun, Sibili mampu menghadirkan bioskop keliling atau di suatu lokasi yang dekat dengan perumahan penduduk.

Project leader Sibili-Vida Drive-in Andrianto Apit mengatakan, "Kita punya hubungan baik dengan pihak production house dan kita mengedepankan visi. Simbiosis mutualisme untuk sama-sama membesarkan film indonesia."

Ada 12 film yang dihadirkan dalam sebulan dan semuanya film karya anak bangsa. Semua film tersebut memiliki izin peminjaman dengan production house selaku pemilik royalti. Mereka bekerjasama untuk menghadirkan film Indonesia ke tengah masyarakat di daerah yang sulit menjangkau bioskop.

Baca juga:

Dukung Social Distancing, 4 Bioskop Drive-In di Amerika Ini 'Old School' Banget

Setiap bulan Sibili-Vida Drive-in Cinema menghadirkan tema baru. Untuk saat ini, Sibili memiliki tema dua sisi, horor dan humor. Dua 'studio' dihadirkan untuk menayangkan dua film berbeda yang bisa dipilih penonton.

Selain itu, untuk kamu yang biasa makan camilan saat menonton film tidak perlu khawatir. Sibili-Vida Drive-in Cinema juga menyediakan jasa food truck yang bisa dipesan menggunakan aplikasi Whatsapp.

Sekurangnya terdapat empat food truck dengan kisaran harga makanan dari Rp8 - 45 ribu. Semua pembayaran di bioskop drive-in ini tidak menggunakan tunai atau cashless.

Sibili berlokasi di Bekasi, tepatnya di perumahan Vida Bekasi. Lapangan yang digunakan seluas 5000 meter persegi dan memuat dua studio, sekitar 200 mobil dapat masuk ke bioskop drive-in ini. Namun, karena pandemi COVID-19 dan peraturan pemerintah, kapasitasnya dikurangi menjadi 70 mobil saja.

Selain itu, ada peraturan lain yang harus diikuti para penonton. Hal ini dilakukan untuk mengikuti imbauan protokol kesehatan. Peraturan paling utama yakni para penonton tidak boleh keluar dari mobil, kecuali untuk alasan penting.

Drive-In Cinema, Pengobat Rindu Nonton Film di Bioskop
Drive-In Senja juga hadirkan bioskop drive-in di Tangerang. (Foto: side.id)

Selain Sibili, ternyata ada bioskop drive-in lain yang akan digelar pada 1-17 Agustus 2020. Adalah Drive-in Senja Tangerang, bioskop drive-in yang berada di lapangan parkir utama Mall Alam Sutra.

Melansir laman side.id, berbeda dengan Sibili, tema yang dihadirkan Drive-In Senja adalah retro 80-an. Filmnya pun hanya ada lima, empat film barat dan satu film Indonesia.

Drive-in Senja ini telah direncanakan sejak Juni 2020. Mereka hadir untuk mengobati rasa rindu moviegoers untuk menonton film bersama kerabat dan orang terkasih. Kamu juga perlu mendaftar secara daring untuk bisa mendapatkan tempat di Drive-In Senja. (may)

Baca juga:

Tips Aman Menikmati Event Besar Berkonsep Drive-In


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH