Drama Korea yang Diadaptasi di Negara Lain, Termasuk Indonesia

Muchammad YaniMuchammad Yani - Rabu, 22 Juli 2020
Drama Korea yang Diadaptasi di Negara Lain, Termasuk Indonesia
Oh My Ghost (Foto: Amino app)

DRAMA Korea memiliki banyak penggemar di seluruh dunia. Sejumlah negara pun membeli hak siar drama tersebut agar bisa dinikmati di negaranya. Tak sedikit pula sineas film yang menunjukkan ketertarikannya untuk mengadaptasi drama tersebut.

Proses adaptasi dilakukan agar drama tersebut sesuai dengan pemirsa lokal. Walaupun pemeran, latar tempat hingga beberapa adegan dalam drama berbeda tetapi adaptasi K-drama ini masih mempertahankan formula dari drama orisinilnya.

Berikut drama Korea yang diadaptasi ke berbagai negara:

Baca juga:

Jeon So Mi Bergabung dengan Interscope Records

1. She Was Pretty diadaptasi di Tiongkok

Drama Korea Selatan She Was Pretty diadaptasi di Tiongkok dua tahun setelahnya dengan judul Pretty Li Huizhen. Versi adaptasinya bahkan menduduki peringkat teratas dalam slot waktu. Pretty Li Huizhen menceritakan kembali premis seorang pahlawan perempuan yang canggung yang memukau ketika masih anak-anak tetapi kehilangan kecantikannya saat dewasa.

2. Signal diadaptasi di Jepang

Signal adalah seri Jepang 2018 berdasarkan adaptasi drama Korea dengan judul yang sama di tahun 2016. Signal versi Korea Selatan ditulis oleh pemenang skenario terbaik, Kim Eun-hee dan merupakan drama Korea peringkat 10 tertinggi di televisi kabel. Signal menceritakan kisah seorang perwira polisi dari masa lalu, yang menggunakan walkie-talkie mistis untuk berkomunikasi dengan profiler kriminal yang hidup lebih dari satu dekade ke depan.

Baca juga:

Seungkwan Seventeen Cedera dan Harus Rehat Sejenak


3. Oh My Ghost diadaptasi di Thailand

Thailand terkenal dengan banyak adaptasi drama Korea, tetapi salah satu yang paling terkenal adalah Oh My Ghost. Drama ini mengisahkan tentang koki pemalu yang cinta pada bosnya dan menemukan wanita yang hanya bisa dilihat olehnya.


4. Discovery of Love diadaptasi di Vietnam

Drama yang diproduksi oleh KBS, Discovery of Love, memiliki formula yang tepat sehingga layak dinikmati penonton Korea dan pemirsa Vietnam. Ketika remake ditayangkan di televisi Vietnam, drama mengambil judul yang berbeda yakni The Day We Fell in Love. Jika drama aslinya meraih peringkat teratas di Korea Selatan, franchise Vietnam-nya memenangkan penghargaan sebagai aktor dan sutradara terbaik di Festival Televisi Nasional ke-38 pada tahun 2018.


5. Tunnel diadaptasi di Indonesia

Tunnel adalah serial hit 2017 yang didasarkan pada pembunuhan berantai Hwaseong dan siap di remake di Indonesia. "Drama seperti ini adalah sesuatu yang cukup baru bagi Indonesia," kata produser Base Entertainment, Tanya Yuson dilansir oleh Variety. Serial baru ini dikatakan memiliki daya tarik lokal lebih banyak untuk audiens dan menceritakan pembunuhan fiksi di Yogyakarta. (Avia)

Baca juga:

Kerennya Fashion Street ala Tiongkok, ini Kisah di Baliknya

#Drama Korea
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan