DPRD Minta Pekerjaan Jalan Kadipaten-Jatibarang Segera Dituntaskan

Zulfikar SyZulfikar Sy - Rabu, 13 Oktober 2021
DPRD Minta Pekerjaan Jalan Kadipaten-Jatibarang Segera Dituntaskan
Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat meninjau perempatan Kadipaten menuju Bandara Kertjati, Majalengka, Jawa Barat. (Dok DPRD Jabar)

MerahPutih.com - Kemacetan lalu lintas kerap melanda perempatan Kadipaten menuju Bandara Kertjati, Majalengka, Jawa Barat.

Kemacetan yang berlangsung cukup parah tersebut sering menuai keluhan warga.

Penyebab kemacetan tidak lain karena pekerjaan pengecoran jalan sepanjang 4 kilometer di sana.

Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat Daddy Rohanady mengatakan, kemacetan di ruas jalan tersebut sulit dihindari.

Baca Juga:

Sebelum Tutup Tahun 2021, Jalan Tol ke Bandara Kertajati Sudah Rampung

Hal itu berkaitan dengan posisi ruas jalan yang melintas di tepi saluran irigasi dan butuh alternatif sebagai solusi selama pembangunan berlangsung.

"Agak sulit mencari alternatif. Akan tetapi kawan-kawan di lapangan tetap mencarikan alternatif solusinya," ujar Daddy di Kabupaten Majalengka, Selasa (12/10).

Lebih lanjut, anggota DPRD Jabar dari daerah pemilihan Cirebon-Indramayu tersebut menyebut bahwa ruas jalan itu cukup padat karena merupakan jalan strategis menuju Bandara Kertjati.

"Ruas jalan itu sangat strategis karena merupakan salah satu jalur ke arah Bandara Kertajati dan ke Indramayu. Jadi, volume kendaraan yang melintas di sana cukup padat. Bisa dimaklumi kalau ketika ada pembangunan jalan seperti itu pasti kemacetannya pun cukup lumayan," lanjut Daddy.

Bandara Internasional Jawa Barat di Kertajati Kabupaten Majalengka. (Foto: MP/Mauritz)
Bandara Internasional Jawa Barat di Kertajati Kabupaten Majalengka. (Foto: MP/Mauritz)

Pembangunan ruas sepanjang 4 km itu, menurutnya, terbagi menjadi tiga seksi dan pembangunan keseluruhan diproyeksikan selesai pada 20 Desember 2021.

Daddy menjelaskan, pekerjaan proyek pembangunan itu sudah dilakukan 24 jam, tapi ada faktor lain, yaitu karena volume kendaraan dan adanya saluran irigasi yang letaknya lebih tinggi serta beberapa titik saluran terjadi kebocoran.

Baca Juga:

Usulkan BIJB Kertajati Jadi RSD COVID-19, Legislator Gerindra: Daripada Mubazir untuk Tempat Swafoto

Namun demikian, Daddy menuturkan, karena ruas ini merupakan salah satu bagian dari penunjang Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, maka proyek tersebut harus diselesaikan secepatnya.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah menggelontorkan banyak uang dari APBD Provinsi untuk menunjang BIJB Kertajati.

"Nasib Bandara Kertajati malah tidak jelas. Semoga saja dengan banyaknya penunjang, Bandara Kertajati dapat segera difungsikan secara maksimal," tutupnya. (Imanha/Jawa Barat)

Baca Juga:

Pemprov Jabar Diminta Jadikan Bandara Kertajati Pusat Logistik e-Commerce

#DPRD Jabar #Bandara Kertajati
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan