M Taufik: DPRD DKI Jakarta Wajib Pilih Satu Cawagub Usulan PKS Ketua DPD Partai Gerindra DKI Jakarta M Taufik. Foto: MP/Ponco

MerahPutih.com - Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, M. Taufik mengatakan anggota dewan legislatif Kebon Sirih wajib memilih satu di antara dua kandidat calon Wakil Gubernur (cawagub) DKI Jakarta yang diusulkan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Gerindram.

Kedua nama calon Wagub DKI yang disepakati, yakni Ahmad Syaikhu dan Agung Yulianto. Pemilihan satu calon Wagub itu berlangsung di Rapat Paripurna DPRD DKI.

"Bahwa memang DPRD ini wajib memilih satu di antara dua yang diusulkan oleh partai pengusung, milihnya di forum paripurna," ujar Taufik di Gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat, Rabu (20/3).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (MP/Asropih)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (MP/Asropih)

Lebih lanjut, Taufik mengatakan, di dalam Paripurna pun ada syaratnya, dimana yang hadir harus 3/4 kuorum, kalau kurang tidak bisa dilakukan. Hal ini bukan berarti, partai Gerindra dan PKS bisa mencalonkan nama baru.

"Nggak dong, ini kan sudah kita usulin. Masa belom dilakukan udah ganti nama. Apa salahnya dua orang itu," tutur Taufik.

Ia pun mengungkapkan, nantinya sebelum Paripurna DPRD membentuk panitia khusus (pansus) untuk membuat tata tertib dan panitia pemilihan (panlih) untuk teknisnya. Pada tat tertib disebutkan misalnya dua kali tidak kuorum calon diganti.

"Gantinya kepada siapa? Partai pengusung juga. Partai pengusungnya kan Gerindra dan PKS, tapi Gerindra sudah menyerahkan sepenuhnya pada PKS, yah ke PKS lagi," ungkap Taufik. (Asp)

Baca Juga: Melihat Progres Pemilihan Wakil Gubernur DKI Jakarta

Kredit : asropih


Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH