DPRD DKI Usul Apartemen Belum Laku Tampung Pasien COVID-19

Andika PratamaAndika Pratama - Sabtu, 26 Desember 2020
DPRD DKI Usul Apartemen Belum Laku Tampung Pasien COVID-19
Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, M. Taufik. (MP/Asropih)

MerahPutih.com - Wakil Ketua DPRD DKI, Mohamad Taufik mengusulkan kepada pengembang untuk secara sukarela meminjamkan apartemennya yang belum laku terjual untuk dimanfaatkan menampung pasien COVID-19.

"Saya kira dengan sukarela harusnya menyerahkan atau meminjamkan apartemen itu untuk kepentingan perawatan yang terkena Covid di Jakarta," ujar Taufik di Wisma Garuda, Pondok Ranggon, Jakarta Timur, Minggu (29/12).

Baca Juga

PSI Usul Kenaikan Dana Parpol, Taufik: Biasanya Teriak, Sekarang Minta Naik

Menurut dia, langkah itu merupakan bagian dari kolaborasi masyarakat untuk membantu Pemprov DKI dalam penanganan virus COVID-19 di ibu kota. Taufik menilai, persoalan penyakit corona ini merupakan tanggung jawab bersama.

"Para pengembang yang memiliki apartemen di Jakarta untuk dapat membantu pemda meminjamkan apartemen itu menjadi tempat-tempat perawatan orang kena COVID-19," ujarnya.

Politikus Gerindra ini mengatakan, jika ruang isolasi dan ruang ICU pasien corona di Jakarta sudah hampir penuh. Lantaran penambahan kasus corona di DKI saat ini terus meningkat.

Data dari Dinas Kenehatan (Dinkes) DKI Jakarta dalam sehari penambahan kasus COVID-19 mencapai 2.000 jiwa. Lanjut dia, jika tak ada uluran bantuan dari warga ditakutkan penanganan COVID-19 tidak memadai.

"Kalau ini kejadian terus berlangsung, saya yakin sarana untuk melakukan perawatan terhadap pasien COVID-19 itu tidak memadai," ungkapnya.

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, M. Taufik. (MP/Asropih)
Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, M. Taufik. (MP/Asropih)

Menurut dia, pasien corona tidak bisa ditangani di selasar-selasar rumah sakit selain di ruang isolasi. Untuk itu pentingnya bantuan dari pengembang apartemen menampung pasien COVID-19.

"Ini sebaiknya ada kolaborasi yang baik antara Pemda dengan para pengembang di Jakarta," paparnya.

Taufik menilai, kalau fasilitas milik Pemda DKI diubah jadi ruang isolasi seperti GOR akan membutuhkan waktu lama untuk dibentuk menjadi ruangan-ruangan.

"Saya kira apartemen-apartemen itu sudah jadi ruang-ruang, ruang itu lah yang kita pakai," tutupnya. (Asp)

Baca Juga

Alat Deteksi COVID-19 Karya Peneliti UGM Bisa Tes 12 Ribu Orang Per Hari

#COVID-19 #Kasus Covid #Politikus Partai Gerindra M Taufik
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan