DPRD DKI Sebut Pembangunan Jalur Sepeda Cenderung Dipaksakan Jalur sepeda di Balai Kota. (Foto: MP/Asropih)

MerahPutih.com - Ketua Fraksi PDI-P DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono ikut mengkritisi pemprov yang membongkar jalur sepeda untuk proyek pelebaran trotoar di kawasan Cikini, Jakarta Pusat. Padahal, jalur itu baru saja dibuat.

Menurut Gembong, terbenturnya dua proyek ini bisa terjadi lantaran kurang komunikasi dengan baik antara Dinas Perhubungan (Dishub) dengan Dinas Bina Marga DKI.

Baca Juga:

Bangun Jalur Sepeda, Pemprov DKI Kucurkan Anggaran Miliaran Rupiah

Gembong mengatakan, program yang paling prioritas adalah pembangunan trotoar sebab jalur sepeda tidak masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) DKI.

Jalur sepeda di Cikini. (Foto: MP/Asropih)
Jalur sepeda di Cikini. (Foto: MP/Asropih)

Jadi, kata Gembong, pemprov DKI seharusnya menuntaskan pembanguanan trotoar terlebih dahulu ketimbang jalur sepeda agar tak tumpang tindih.

"Seharusnya trotoar dulu dibangun baru jalur sepeda, tetapi tetap menyeluruh," kata Gembong saat dikonfirmasi, Selasa (19/11).

Anggota Komisi A DPRD DKI ini menilai pembangunan jalur sepeda di ibu kota cenderung dipaksakan. Hal itu karena sebenarnya tidak ada rancangan pembangunan terkait jalur sepeda. Dampaknya, jalur yang sudah dibangun dibongkar lagi untuk kebutuhan proyek lain.

"(Pembangunan jalur sepeda) dipakasakan itu," papar dia.

Baca Juga:

Pemprov DKI Bakal Hubungkan Jalur Sepeda ke Stasiun MRT dan LRT

Sebelumnya, Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi membenarkan Pemprov DKI melaksanakn pembongkaran jalur sepeda yang berada di kawasan Cikini. Pembongkaran jalur sepeda ini untuk mengakomodasi pelebaran trotoar.

Jalur sepeda di Jakarta. (Foto: MP/Asropih)
Jalur sepeda di Jakarta. (Foto: MP/Asropih)

Irwandi mengatakan, pembongkaran jalur sepeda itu hanya bersifat sementara. Jalur sepeda bakal dibangun kembali setelah trotor tuntas kerjakan

"Cuma perbaikan doang kok, enggak diilangin. Itu trotoar perbaikan, jalur sepedanya tetap ada," kata Irwandi saat dikonfirmasi Selasa (19/11). (Asp)

Baca Juga:

Jalur Sepeda Cikini Dibongkar, Anak Buah Anies Bela Diri


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH