DPRD DKI Minta Pemprov Jakarta Jaga Ketersediaan Minyak Goreng Selama Bulan Puasa

Mula AkmalMula Akmal - Kamis, 23 Maret 2023
DPRD DKI Minta Pemprov Jakarta Jaga Ketersediaan Minyak Goreng Selama Bulan Puasa
Minyak goreng. (Foto: MP/Dicke Prasetia)

MerahPutih.com - Pemerintah DKI Jakarta diminta untuk menjaga ketersediaan komoditas minyak goreng saat Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 2023/1444 Hijriyah.

Sebab, minyak goreng sangat rentan untuk kembali mengalami kelangkaan, hingga pada akhirnya mengalami gejolak harga.

Baca Juga:

Jelang Puasa Harga Minyak Goreng di Jakarta dan Tingkat Nasional Naik

"Ini perlu konsen soal minyak goreng karena ini yang sering tidak terduga. Belajar dari pengalaman kemarin, itu kan sangat rentan tiba-tiba hilang dari pasaran. Ini satu hal yang perlu diantisipasi. Karena ini yang jadi pencetus masyarakat itu jadi panik buying," ujar Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta Ismail di Jakarta, Rabu (22/3).

Sementara itu, Anggota Komisi B DPRD DKI Hasan Basri Umar menambahkan, pemerintah harus menyadari bahwa inflasi di Jakarta sangat memengaruhi inflasi nasional. Karena itu, pemerintah DKI dan pemerintah pusat sama-sama berupaya menjaga stabilitas harga pangan di DKI.

"Saya baru saja dari pasar. Minyak kita sekarang jadi Rp 15 ribu satu kemasan. Daging tadi saya cek Rp 140 ribu. Terus beras rata-rata naiknya Rp 500 sampai Rp 1.000. Lalu bawang merah, bawang putih dan cabai juga naik," ungkapnya.

Baca Juga:

Kemendag Yakinkan 450 Ribu Ton Minyak Goreng Tersedia Jelang Ramadan

Berdasarkan laporan dari Perumda Dharma Jaya, stok daging sapi saat ini mencapai 474 ton. Rencananya, PD Dharma Jaya akan menambah stok hingga mencapai 500 ton untuk mengamankan kebutuhan bulan Maret hingga April.

Sementara stok daging ayam masih surplus. Saat ini mencapai 572 ton untuk bulan Maret dan April. Lalu, stok ikan mencapai 212 ton dari rencana sebanyak 350 ton untuk kebutuhan bulan Maret dan April. Di sisi lain, stok ternak sapi saat ini mencapai 500 ekor dan rencananya akan ditambah hingga 1.150 ekor untuk keburu bulan Maret dan April.

PT Food Station Tjipinang Jaya menyiapkan 26.396 ton beras di gudang perusahaan itu. Sementara untuk kebutuhan Idul Fitri, stok gula di gudang perusahaan itu mencapai 1.022 ton, minyak goreng sebanyak 70.800 liter, telur sebanyak 20 ton, dan tepung terigu sebanyak 88 ton. (Asp)

Baca Juga:

Harga Minyak Goreng Kemasan Tingkat Nasional Naik di Atas Rp 20 Ribu

#Minyak Goreng #DPRD DKI Jakarta #Pemprov DKI #Puasa #Ibadah Puasa #Ramadan
Bagikan
Ditulis Oleh

Mula Akmal

Bagikan