DPRD DKI Batalkan Anggaran Rp934 Miliar Untuk Ajang Formula E Ketua Komisi E DPRD DKI Jakarta Syahrial dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Ahmad Firdaus (MP/Asropih)

MerahPutih.Com - Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta mengajukan penambahan kisaran batas tertinggi (pagu) anggaran sekitar Rp934 miliar dalam rapat Kebijakan Umum Anggaran-Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUA-PPAS) 2020 untuk penyelenggaraan Formula E di Jakarta.

Ketua Komisi E DPRD DKI Jakarta Syahrial pun heran atas nominal pagu anggaran balap mobil berenergi listrik itu.

Baca Juga: DPRD DKI Setujui Anggaran Rp360 Miliar Ajang Formula E

"Ini Rp934 Miliar untuk apa?" tanya Syahrial Kepada Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Achmad Firdaus.

DPRD DKI Jakarta tolak anggaran Formula E
Ketua Komisi E DPRD DKI Jakarta Syahrial dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Ahmad Firdaus saat pembahasan anggaran untuk Formula E (MP/Asropih)

Firdaus pun menjelaskan dengan rinci anggara tinggi itu. Lanjut dia, selain anggaran Rp360 miliar untuk commitment fee kepada federasi Formula E yang telah sebelumnya disahkan dalam pembahasan APBD perbaikan 2019, Dispora DKI menambahkan anggaran lagi untuk dimasukkan dalam rancangan APBD 2020.

Dalam draf yang diajukan, tertulis anggaran indikatif sebesar Rp 934 miliar. Rinciannya 22 juta poundsterling untuk biaya penyelenggaraan dan 35 juta euro untuk asuransi.

Bila dikonversi dengan menggunakan rupiah (1 poundstreling sebesar Rp17.205) maka 22 juta poundsterling jadi Rp378,46 miliar. Kemudian 35 juta euro (1 euro Rp 15.892) menjadi Rp556,22 miliar. Total keseluruhan menjadi Rp934 miliar.

Pemprov DKI Jakarta berambisi gelar ajang balap Formula E
Ajang balap mobil Formula E. Foto: Facebook/Anies Baswedan

Baca Juga: Jakarta Gelar Formula E 2020, Anies: Potensi Ekonomi Capai Rp 1,2 Triliun

Mendengar penjelasan Firdaus, Syahrial pun menyarankan rencana biaya asuransi tidak dimasukkan terlebih dahulu.

"Pokoknya 22 juta poundsterling itu sudah termasuk biaya penyelenggaraan. Kalau asuransi (sebesar 35 juta euro) itu nanti kita pikirkan kalo bisa kita minta sponsor," jelas Syahrial.

Disamping itu, Firdaus mengungkapkan, pihaknya akan menggandeng Ikatan Motor Indonesia (IMI) untuk menggelar pra event Formula E.

"Saya sudah mengundang IMI untuk membicarakan teknis karena dari profesional kan IMI," tutupnya.(Asp)

Baca Juga: Wakil Ketua DPRD DKI Dukung Pemerintah Gelar Formula E

Kredit : asropih


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH