Waspada Virus Corona

DPRD Desak Pemprov DKI Bentuk Tim Kecil Antisipasi Virus Corona di Jakarta

Eddy FloEddy Flo - Selasa, 28 Januari 2020
 DPRD Desak Pemprov DKI Bentuk Tim Kecil Antisipasi Virus Corona di Jakarta
Rapat koordinasi antara DPRD DKI Jakarta dengan Dinas Kesehatan terkait antisipasi virus corona di Jakarta (MP/Asropih)

MerahPutih.Com - DPRD DKI meminta Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta lebih proaktif mengantisipasi atau menanggulangi penyebaran virus Corona.

Ketua Komisi E DPRD DKI Jakarta Iman Satria mengatakan, upaya perlu dilakukan lantara penyebaran virus corona yang semakin masif dan telah memakan banyak korban meninggal.

Baca Juga:

RSUD dr Moewardi Sediakan Ruang Karantina, Dokter Bantah Ada Pasien Suspect Virus Corona

Iman juga menilai perlu dibentuk tim kecil untuk memfokuskan antisipasi penularan wabah tersebut sampai Ibu Kota.

"Kami menyarankan agar dibentuk tim kecil untuk menjaga titik-titik rawan di perbatasan udara maupun laut. Ini bisa diantisipasi itu seperti di Halim Perdanakusuma, atau di Tanjung Priok bagaimana kesiapan dari alat-alat pencegahan terutama SDM, baik dokternya ataupun petguas-petugas yang menangani pasien," kata Iman dalam rapat koordinasi yang digelar di DPRD DKI, Senin (27/1).

Kepala Bidang Pengendalian Penyaki Dinkes DKI Jakarta
Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes DKI Jakarta Dwi Oktavia (Foto: antaranews)

Komisi E, lanjutnya, juga berharap agar Dinkes DKI terus berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan untuk menangani ancaman penyebarluasan virus yang telah mengakibatkan 80 korban meninggal ini.

“Mudah-mudahan optimal, karena Dinkes sudah berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan dan sudah diarahkan juga bagaimana mengantisipasi wabah (Coronavirus) ini," papar Iman.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Widyastuti menerangkan bahwa pihaknya telah mempersiapkan secara matang perihal pencegahan penyebarluasan wabah virus corona di seluruh wilayah DKI Jakarta.

“Kami tidak sendiri, kami sudah berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan untuk penguatan pengawasan motif preventif secara ketat, kita deteksi mulai dari Bandara (Udara) maupun laut (Pelabuhan) dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP). Jadi kalau ada pendatang yang terindikasi menunjukan gejala, nanti akan terdeteksi dengan Thermal Scanner dan akan melakukan pendalaman di KKP dan langsung dikoordinasikan dengan tim kami,” terangnya.

Baca Juga:

DPR Sarankan Orang Indonesia yang Terkena Virus Corona Harus Dikarantina

Selain itu, dikatakan Widyaastuti, Dinkes telah memastikan kewaspadaan terhadap penyebaran Coronavirus akan terus dioptimalkan. Termasuk, merespon cepat segala macam keluhan ataupun diagnose yang dikeluarkan menggunakan alur pemeriksaan medis oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Kemenkes RI ataupun analisa dokter spesialis paru-paru di rumah sakit.(Asp)

Baca Juga:

Virus Corona Merebak, Permintaan Daging Kelelawar di Solo Tetap Tinggi

#Dinas Kesehatan #Virus Corona #DPRD DKI Jakarta #Pemprov DKI
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan