DPRD Bakal Bentuk Panlih, Taufik: Fraksi PKS dan Gerindra Tak Bisa Jadi Ketua Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta M Taufik (MP/Asropih)

MerahPutih.Com - DPRD DKI Jakarta bakal membentuk panitia pemilihan (panlih) calon wakil gubernur (cawagub) DKI Jakarta. Nantinya panlih itu berisikan sembilan anggota yang terdiri dari setiap fraksi yang ada di DPRD.

Wakil Ketua DPRD DKI dari Fraksi Partai Gerindra, M Taufik menegaskan bahwasanya ketua panlih nantinya tidak akan berasal dari fraksi Partai Gerindra, PKS, dan juga PDI Perjuangan.

Baca Juga:

Sebelum Rapat Paripurna Tatib Wagub, Anies Bersama Anggota DPRD Bermain Tiktok

Ketua panlih, lanjut Taufik, dipimpin oleh fraksi lain dari tiga partai tersebut. Kemudian penentuan ketuanya akan ditunjuk oleh anggota panlih dengan cara musyawarah.

Ketua DPD Partai Gerindra DKI Jakarta M Taufik tegaskan pihaknya tidak akan jadi Ketua Panlih Wagub
Ketua DPD Gerindra DKI M Taufik (Foto: MP/Asropih)

"Gini kita sepakati kemarin tidak Gerindra, tidam PKS, PDIP juga enggak. Nanti diserahkan ke kawan-kawan. Nanti dipilih sama mereka. Musyawarahlah," kata Taufik di Gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat, Rabu (19/2).

Taufik menjelaskan alasan PKS ataupun Gerindra tidak bisa menjadi pemimpin panlih lantaran kedua partai itu terlibat dalam kontestasi pemilihan pengganti Sandiaga Uno.

Sedangkan, PDI Perjuangan menurut Taufik merupakan partai yang memiliki porsi cukup besar di Dewan Parlemen Kebon Sirih, sehingga ketua panlih nanti dialihkan ke fraksi selain PKS, Gerindra dan PDIP.

"Ya kan kita yang ikut terlibat. (Kalau) PDIP merasa porsi partai besar, jadi dikasih ke yang lain," kata Prasetyo.

Diberitakan sebelumnya, DPRD DKI Jakarta telah resmi mengesahkan tata tertib (tatib) pemilihan calon wakil gubernur (cawagub) DKI pada Rabu (19/2). Tatib wagub itu sendiri masuk di dalam tatib anggota Dewan Legislatif Kebon Sirih periode 2019-2024.

Baca Juga:

Akhirnya, DPRD Gelar Rapat Pengesahan Tatib dan Bentuk Panlih Wagub DKI

Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi menuturkan, tatib dewan dan tatib pemilihan cawagub DKI selanjutnya akan dikirimkan kepada eksekutif untuk dapat segera ditindaklanjuti.

"Peraturan DPRD tentang tatib DPRD provinsi DKI hari ini segera akan dikirim pada eksekutif untuk segera dilakukan penomoran dan diundangkan dalam berita daerah," pungkasnya.(Asp)

Baca Juga:

DPRD DKI Sepakat Pemilihan Wagub Dilakukan Cara Voting Tertutup

Kredit : asropih


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH