DPR Tiadakan Kunjungan ke Rumah Calon Kapolri

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Rabu, 13 Januari 2021
DPR Tiadakan Kunjungan ke Rumah Calon Kapolri
Ketua Komisi III DPR Herman Hery terima palu sidang. (Foto: dpr.go.id)

MerahPutih.com - Komisi III DPR bakal meniadakan kunjungan ke rumah calon Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) pengganti Jenderal Polisi Idham Azis yang memasuki masa pensiun pada akhir Januari 2021 nanti.

Ketua Komisi III DPR RI Herman Hery mengatakan, seluruh anggota dan pimpinan Komisi III DPR RI sepakat dalam rapat internal pada Selasa (12/11), untuk meniadakan kunjungan tersebut karena adanya situasi pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia.

Baca Juga:

Respons Komjen Listyo Namanya Masuk Bursa Terkuat Calon Kapolri

"Kami sudah putuskan dalam rapat tadi. Untuk kali ini kami tidak adakan kunjungan kepada kediaman. Kenapa? Situasinya pandemi COVID-19. Tidak etis bergerombol datang ke kediaman orang," katanya di Jakarta, Selasa (13/1).

Kunjungan ke kediaman calon Kapolri selalu dilakukan oleh Komisi III saat pergantian Kapolri. Terakhir, kunjungan dilaksanakan 30 Oktober 2019 silam. Kala itu, kunjungan itu dilakukan sebelum uji kelayakan dan kepatutan terkait pencalonan Jenderal Polisi Idham Azis sebagai Kapolri dilaksanakan.

Lalu, kunjungan ke kediaman calon Kapolri juga pernah dilaksanakan pada 22 Juni 2016. Kala itu, Komisi III DPR mengunjungi kediaman Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Tito Karnavian yang sekarang menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD menegaskan, ada cara khas yang sering dilakukan Presiden dalam memilih pejabat. Yakni meminta dibuatkan 5 draf surat pengusulan yang berisi nama-nama yang berbeda. Pada saat yang tepat beliau tandatangani salah satu sedang draf surat yang tak ditandatangani dimusnahkan.

Kapolri Idham Azis
Kapolri Idham Azis. (Foto: Mabes Polri)

Ada lima nama yang diusulkan Kompolnas dan Wanjakti ke Presiden Jokowi. Mereka adalah, Komjen Pol Gatot Edy Pramono, Komjen Pol Boy Rafli Amar, Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo, Komjen Pol Arif Sulistyanto dan Komjen Agus Andrianto.

Wakil Ketua MPR yang juga Anggota Komisi III DPR Jazilul Fawaid atau Gus Jazil mengatakan, kemungkinan pada hari Rabu (13/1) baru surat presiden (surpres) tentang nama calon Kapolri akan keluar.

"Saya jawab mungkin Rabu keramat, Rabu Wage, 13 Januari 2021, baru terang benderang informasinya (nama calon Kapolri)," ujarnya. (Pon)

Baca Juga:

Begini Ciri Khas Jokowi Pilih Kapolri

#Breaking #Kapolri #Calon Kapolri
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan