DPR Siap Selenggarakan Sidang Tahunan Jelang HUT ke-74 RI

Andika PratamaAndika Pratama - Selasa, 13 Agustus 2019
DPR Siap Selenggarakan Sidang Tahunan Jelang HUT ke-74 RI
Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR Indra Iskandar. - ANTARA/Reno Esnir

MerahPutih.com - Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar menyebut lembaganya siap menyelenggarakan Sidang Tahunan MPR RI, Sidang Bersama DPR RI-DPD RI dan Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia yang akan diselenggarakan pada Agustus 2019 mendatang.

Indra mengatakan, pada prinsipnya segala sesuatunya sudah siap dengan berbagai skenario penanganan.

Baca Juga: Absen di Sidang Tahunan MPR, PDIP: Pak SBY Lagi Ingin Cooling Down

“Hari ini, kami melakukan rapat koordinasi terakhir dengan seluruh instansi yang berkaitan dengan persiapan acara Sidang Tahunan, Sidang Bersama MPR-DPR-DPD RI dan Pidato Presiden RI pada 16 Agustus 2019 mendatang. Pada prinsipnya, kami semua sudah siap dengan berbagai skenario penanganan dan mekanisme lalu lintas di kawasan ini,” jelas Indra dalam keterangannya, Selasa (13/8).

Terkait hal itu, Indra menjelaskan, secara keseluruhan seluruh instansi menyatakan sudah siap mem-back upSidang Tahunan MPR RI, Sidang Bersama DPR RI-DPD RI dan Pidato Kenegaraan Presiden RI tersebut karena dalam hajatan besar ini hampir mencapai 10.000 undangan.

Di antaranya terdiri dari seluruh pimpinan tertinggi negara akan hadir, baik para Duta Besar negara sahabat dan jajaran Kabinet Pemerintahan Indonesia.

“Jadi, memang kita perlu cermat dalam pengamanan Sidang Tahunan MPR RI, Sidang Bersama DPR RI-DPD RI dan Pidato Presiden RI ini. Mengingat, dalam hajatan besar ini hampir seluruh pimpinan tertinggi negara akan hadir, baik para Duta Besar negara sahabat maupun jajaran kabinet,” jelas Indra.

Baca Juga: SBY Absen di Sidang Tahunan MPR, Demokrat: Ngga Ada Masalah Kan?

Selain itu, Indra menyatakan, secara umum dari TNI, Polri dan seluruh instansi yang yang berkaitan dengan pengamanan sudah siap mengantisipasi.

Selanjutnya, sambung Indra, seluruh instansi yang terlibat dalam pengamanan nantinya masing-masing akan saling berkoordinasi untuk melakukan pembicaraan lebih lanjut, jika masih ada hal-hal yang dirasakan perlu untuk dibahas secara bersama.

Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar
Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar


“Seluruh instansi yang terlibat dalam pengamanan nanti, mereka masing-masing akan melakukan koordinasi untuk melakukan pembicaraan lebih lanjut jika masih dirasakan ada hal-hal yang kurang,” ungkap Indra.

Untuk itu, Indra mengungkapkan, pada hari Rabu, 14 Agustus 2019 esok, pihaknya beserta instansi lainnya akan menyelenggarakan geladi kotor dan pada hari Kamis, 15 Agustus 2019 .

Lalu mereka menyelenggarakan geladi bersih persiapan acara Sidang Tahunan MPR RI, Sidang Bersama DPR RI-DPD RI dan Pidato Presiden Republik Indonesia tersebut.

Baca Juga: Kritik Zulhas kepada Jokowi di Sidang Tahunan MPR Hal yang Wajar

“Dalam rangka persiapan acara Sidang Tahunan MPR RI, Sidang Bersama DPR RI-DPD RI dan Pidato Presiden Republik Indonesia ini, kami beserta instansi lainnya besok akan menyelenggarakan geladi kotor pada hari Rabu tanggal 14 Agustus 2019 dan geladi bersih pada hari Kamis tanggal 15 Agustus 2019," pungkas Indra. (Knu)

#DPR RI
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan