DPR Sahkan Anggota KPU-Bawaslu Periode 2022-2027

Andika PratamaAndika Pratama - Jumat, 18 Februari 2022
DPR Sahkan Anggota KPU-Bawaslu Periode 2022-2027
Suasana uji kelayakan dan kepatutan calon anggota KPU di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (15/2/2022).

MerahPutih.com - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI mengesahkan tujuh anggota KPU dan lima anggota Bawaslu terpilih periode 2022-2027. Pengambilan keputusan diambil dalam rapat paripurna di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (18/2).

Sebelum mengambil keputusan, Ketua Komisi II DPR, Ahmad Doli Kurnia membacakan hasil laporan proses uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test terhadap calon anggota KPU dan Bawaslu yang digelar 14-16 Februari 2022.

Baca Juga

Besok, Komisioner KPU dan Bawaslu Disahkan Paripurna DPR

Setelah itu, Ketua DPR Puan Maharani yang memimpin rapat menanyakan kepada seluruh anggota dewan yang hadir secara fisik dan daring, apakah bisa menyetujui dipilihnya tujuh anggota KPU dan lima anggota Bawaslu periode 2022-2027.

"Perkenankan kami menanyakan kepada sidang dewan terhormat apakah laporan Komisi II DPR RI terhadap hasil uji kelayakan atau fit and proper test calon anggota KPU dan calon anggota Bawaslu masa jabatan tahun 2022-2027 dapat disetujui?" tanya puan.

"Setuju," jawab para anggota dewan.

Baca Juga

Anggota KPU-Bawaslu Terpilih Sama dengan Pesan Berantai, Pengamat: Fit and Proper Test Formalitas

Setelah para anggota KPU dan Bawaslu tersebut ditetapkan di rapat paripurna ini, selajutnya DPR akan berkirim surat ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk bisa melantik mereka.

Sebelumnya Komisi II telah menetapkan calon anggota KPU dan Bawaslu tanpa mekanisme voting, pada Kamis (17/2) dini hari.

Tujuh anggota KPU terpilih yakni Betty Epsilon Idroos, Hasyim Asy'ari, Mochammad Afifuddin, Parsadaan Harahap, Yulianto Sudrajat, Idham Holik dan August Mellaz.

Sementara untuk lima anggota Bawaslu RI adalah Lolly Suhenty, Puadi, Rahmat Bagja, Totok Haryono dan Herwyn Jefler Hielsa Malonda. (Pon)

Baca Juga

DPR Bantah Ada Calon Pesanan di Seleksi KPU dan Bawaslu

#Breaking #KPU #DPR RI #Komisi Pemilihan Umum #Bawaslu #Partai Politik #Pemilu #Pilpres
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan