DPR Pastikan Vaksinasi Anggota Dewan Tak Ditutup-tutupi

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Jumat, 26 Februari 2021
DPR Pastikan Vaksinasi Anggota Dewan Tak Ditutup-tutupi
Ilustrasi: Vaksinasi COVID-19 Foto: MP/Dok RSHS)

Merahputih.com - Pimpinan DPR membantah vaksinasi COVID-19 anggota DPR beserta keluarga digelar secara tertutup.

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad menjelaskan kemungkinan adanya keterlambatan informasi yang diberikan fraksi di DPR kepada anggotanya.

"Jadi tidak benar kalau vaksinasi ini soal tertutup-tertutup, nggak ada yang ditutup-tutupi, wong vaksinasi ini program pemerintah kok," ujar Dasco kepada wartawan, Jumat (26/2).

Baca Juga:

Jokowi Targetkan 5 Juta Guru Dapat Vaksin COVID-19

Dasco belum mengetahui berapa jumlah anggota DPR dan keluarga yang divaksinasi. Karena sedang reses, Sekjen DPR memberikan informasi kepada fraksi-fraksi, fraksi-fraksi kemudian memberikan informasi kepada anggotanya.

Jika ada anggota DPR yang menyebut vaksinasi tertutup, Dasco menilai hal itu tanggung jawab tiap fraksi. Dasco menegaskan vaksinasi anggota DPR dan keluarga tak tertutup.

"Apa yang dikatakan bahwa bagusnya terbuka jangan ditutup-tutupi, ya memang nggak ditutup-tutupi, wong itu vaksinasinya di daerah terbuka kok untuk menjaga protokol kesehatan," ujarnya.

Petugas kesehatan menyiapkan vaksin COVID-19 yang akan diberikan pada tenaga kesehatan di RSD Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, Selasa (26/1/2021). (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc.)
Vaksinasi COVID-19. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc.)

DPR sudah mendapatkan jadwal pemberian vaksinasi COVID-19 oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes). "Alokasi itu dari Kemenkes," kata Dasco.

Dari informasi di kalangan wartawan, program vaksinasi COVID-19 bagi anggota DPR beserta keluarga dan staf di Kompleks DPR/MPR, Jakarta digelar tertutup.

Pintu masuk ruang yang digunakan untuk vaksinasi dijaga oleh beberapa orang dari Satuan Pengamanan Dalam (Pamdal). Petugas itu berdalih tidak mengetahui alasan mengapa vaksinasi tersebut harus dilangsungkan secara tertutup.

Baca Juga:

1,3 Juta Warga di Indonesia Sudah Divaksin COVID-19

Kementerian Kesehatan sebelumnya menyatakan ada sekitar 15 ribu anggota DPR, DPD dan DPRD yang bakal divaksinasi dengan target rampung dalam sebulan.

Penyuntikan vaksin corona mulai dilakukan pada Rabu (24/2) lalu. Tak seperti vaksinasi lain, kegiatan ini berlangsung tanpa seremoni. (Knu)

#COVID-19 #Kasus Covid #Vaksin Covid-19
Bagikan
Bagikan