DPR Minta Pemerintah Pastikan Keselamatan 93 WNI di Wuhan Foto yang diunggah ke media sosial pada 25 Januari 2020 oleh Rumah Sakit Pusat Wuhan menunjukkan staf medis merawat pasien, di Wuhan, China. ANTARA/REUTERS/Weibo/aa. (via REUTERS/Social Media)

MerahPutih.com - Anggota Komisi I DPR, Sukamta meminta pemerintah memastikan seluruh warga negara Indonesia (WNI) khususnya yang berada di Wuhan, dan juga kota-kota lainnya di China dalam kondisi aman dan baik.

Diketahui Virus Corona hingga hari ini telah menjangkiti 2300 orang dan 80 di antaranya meninggal dunia di Wuhan. Virus tersebut saat ini dilaporkan telah menyebar di 13 negara seperti Thailand dan Singapura.

"Langkah awal tentu saja Kemenlu perlu memastikan keberadaan dan keselamatan WNI yang ada di Wuhan dan juga China secara umum," kata Sukamta dalam keterangannya, Senin (27/1).

Baca Juga:

Indonesia Tutup Penerbangan ke Wuhan Tiongkok

Menurut data Pengurus Perhimpunan Pelajar Indonesia Tiongkok Cabang Wuhan (PPIT Wuhan), kata Sukamta, WNI yang berada di sana berjumlah 93 orang di Wuhan.

"Kita tentu bersimpati kepada seluruh warga dan pemerintah China yang saat ini sedang mendapat musibah Virus Corona, semoga wabah ini bisa segera bisa teratasi dengan baik," ujarnya.

Wuhan
Situasi di kota Wuhan, Tiongkok. Foto: STR/AFP/GETTY IMAGES

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini berharap pemerintah memberikan perhatian ekstra. Sukamta meminta pemerintah memastikan akomodasi dan kebutuhan logistik WNI di Wuhan yang saat ini sedang terisolir, dapat tercukupi dengan baik.

"Jika ada WNI yang terkena infeksi, perlu dipastikan mendapat pelayanan pengobatan yang baik. Tentu kita berdoa semua WNI di sana semua sehat dan tidak ada yang terinfeksi Corona," harap Sukamta.

Baca Juga:

Virus Corona Merebak, Indonesia Harus Waspadai Potensi Besar Penyebaran dari Tiongkok

Sukamta juga meminta Pemerintah melalui KBRI dan KJRI bisa memberikan SOP secara jelas untuk pengamanan dan penyelamatan WNI yang ada di Wuhan. Selain itu, lanjut dia, Pemerintah juga perlu terus memberikan informasi kondisi WNI kita di sana kepada masyarakat di Tanah Air.

Terkait dengan wacana yang berkembang untuk membekukan visa dari warga negara China yang akan masuk ke Indonesia, menurut Sukamta hal ini perlu mempertimbangkan perkembangan penanganan Virus Corona yang sedang dilakukan. Jika ternyata virus ini menjadi tak terkendali, bisa saja opsi ini diambil.

"Saat ini yang paling penting ada tim kesehatan khusus yang disiagakan di semua Bandara Internasional untuk melakukan deteksi terhadap penumpang dari Luar Negeri khususnya negara-negara yang terdapat suspect Virus Corona," pungkasnya. (Pon)

Baca Juga:

Penyebaran Virus Korona Paling Rentan Terjadi Melalui Satwa

Kredit : ponco

Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH