DPR Ingatkan Soal Pengadaan Vaksin COVID-19

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Selasa, 03 November 2020
DPR Ingatkan Soal Pengadaan Vaksin COVID-19
Ilustrasi Vaksin. (Foto: Antara).

MerahPutih.com - Pengadaan vaksin COVID-19 oleh Indonesia diminta agar bermitra dengan banyak negara. Sehingga antivirus yang didapat memiliki kualitas yang baik. Selain itu, kemitraan dengan sejumlah negara akan menghasilkan vaksin yang benar-benar cocok dengan genetika bangsa Indonesia.

"Genetika bangsa Indonesia itu khas dan perlu vaksin COVID-19 yang khas dan cocok untuk kita sehingga benar-benar aman untuk kesehatan maupun dampaknya untuk jangka panjang," kata Anggota DPR Marwan Jafar.

Mantan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, mengapresiasi pemerintah yang berkunjung ke sejumlah negara pengadaan vaksin COVID-19. Kunjungan para menteri ke Eropa dan juga beberapa negara Asia, mendapat hasil yang menggembirakan, baik dari sisi kesehatan maupun pemulihan ekonomi.

Baca Juga:

Luhut Minta Tambahan 20 Juta Vaksin COVID-19 Pada UEA

Ia menyarankan, kerjasama tersebut, dipertegas antara kepentingan bisnis ke bisnis, pemerintah ke pemerintah atau perpaduan dari keduanya atau Indonesia bisa mendapatkan vaksin secara murni untuk kepentingan kemanusiaan.

"Pemulihan kesehatan sudah sangat mendesak, selain ekonomi dan sosial di masing-masing negara, WHO juga harus transparan dan terbuka soal vaksin COVID-19," katanya.

Lab Vaksin
Lab Vaksin Bio Farma. (Foto: Antara).

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sekaligus Wakil Ketua Komite Pengendalian COVID-19 menargetkan Januari 2021 sebanyak 100 juta penduduk divaksin COVID-19.

Luhut mengatakan, diharapkan vaksin COVID-19 mulai disuntikkan pada Desember 2020 ini. Dia mengatakan, prioritas vaksin adalah pada tenaga kesehatan. Proses vaksinasi ini akan dilakukan oleh unsur kesehatan dibantu TNI dan Polri.

Baca Juga:

100 Juta Penduduk Indonesia Bakal Diberi Vaksin Januari 2021

#Vaksinasi #Vaksin Covid-19 #COVID-19
Bagikan
Bagikan