DPR Minta Pemerintah Prioritaskan Kebutuhan Masker Dalam Negeri Pengumuman stok masker kosong terpasang di salah satu kios di Pasar Pramuka, Jakarta, Senin (2/3/2020). ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA

MerahPutih.com - Anggota Komisi XI DPR RI Ahmad Najib Qodratullah mengkritik langkah pemerintah mengekspor masker besar-besaran ke sejumlah negara. Ia meminta pemerintah memprioritaskan kebutuhan alat dan sarana kesehatan untuk pemberantasan wabah virus Corona di dalam negeri.

Hal tersebut disampaikan Najib merespons rilis Badan Pusat Statistik (BPS) yang mencatat ekspor masker dari Indonesia ke tiga negara naik signifikan dalam dua bulan di awal 2020.

Baca Juga

Bubarkan Tim Tanggap, Pemprov DKI Bentuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19

Indonesia mengekspor masker ke Singapura, Tiongkok, dan Hong Kong. Berdasarkan data BPS kenaikan nilai ekspor produk berkode HS 63079040 ini secara total naik 504.534%.

"Pasar utama ialah prioritaskan kebutuhan dalam negeri untuk menghadapi kebutuhan alat dan sarana kesehatan pemberantasan corona. Pemerintah juga harus memperjelas kebijakanya agar tidak disalahgunakan," kata Najib kepada wartawan, Rabu, (18/3).

Ketua DPW Partai Amanat Nasional Jawa Barat Ahmad Najib Qodratullah (Foto Antara Jabar/Ajat Sudrajat)
Ketua DPW Partai Amanat Nasional Jawa Barat Ahmad Najib Qodratullah (Foto Antara Jabar/Ajat Sudrajat)

Najib berharap pemerintah segera mempertimbangkan untuk memberi insentif terhadap produksi alat atau sarana kesehatan sehingga kebutuhan dalam negeri bisa terpenuhi.

"Kebijakan ini selain akan menghidupkan sektor riil sekaligus peluang lapangan kerja," ujarnya.

Baca Juga

Beda Data Korban Meninggal Corona Versi Pemerintah dengan Fakta di Lapangan

Ketua DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Jawa Barat ini melanjutkan insentif yang dimaksud adalah kemudahan pajak, ijin dan lain - lain

"Jadi prioritasnya adalah untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri kalau di kelola dengan baik bisa sekaligus untuk eksport karena sekarang tidak ada kejelasan mengenai hal itu," tutup Najib. (Pon)

Kredit : ponco

Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH