DPR Dukung Pemindahan Ibu Kota

Zulfikar SyZulfikar Sy - Rabu, 05 Juli 2017
DPR Dukung Pemindahan Ibu Kota
Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Ketua Komisi II DPR Zainuddin Amali mendukung penuh rencana pemindahaan ibu kota negara karena melihat kondisi DKI Jakarta saat ini yang sudah semakin padat.

"Saya sejak April lalu telah menyampaikan bahwa ketika presiden menyampaikan akan menugaskan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional untuk mempelajari pemindahan ibu kota, kami langsung mendukung," katanya.

Amali mengatakan pemindahaan ibu kota itu merupakan kebutuhan karena kalau tidak segera dilakukan maka kondisi Jakarta 5-10 tahun akan datang tidak bisa dibayangkan.

Namun, ia menyerahkan sepenuhnya kepada Bappenas untuk mengkaji lokasi-lokasi yang layak untuk dijadikan pusat ibu kota dan Jakarta disarankan khusus menjadi pusat ekonomi, perdagangan, dan bisnis.

"Pemerataan pembangunan, itu bisa didorong ke luar Pulau Jawa dan urbanisasi. Karena kalau tetap ada di Jakarta orang mau tidak mau tetap akan berbondong-bondong ke sini sehingga di luar Pulau Jawa sangat timpang," ujarnya.

Politisi Partai Golkar itu menyarankan beberapa kriteria tempat yang bisa dijadikan ibu kota yaitu tidak terjadi kemacetan karena untuk memperlancar mobilisasi dan menjadi pemantik pertumbuhan ekonomi di kawasan.

Amali mengatakan untuk kawasan di Pulau Kalimantan, cukup representatif karena rata-rata lahannya masih sangat luas.

"Lingkungan dan akses ke mana-mana mudah, Palangkaraya tidak pernah gempa dan masih sangat luas wilayahnya," katanya.

Sumber: ANTARA

#Ibu Kota #Komisi II DPR #Bappenas
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan