DPR Duga Ada Upaya Menjegal Tim Bulutangkis Indonesia di All England 2021 Ganda putra bulu tangkis Indonesia Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan saat mencoba berlatih di lapangan utama Utilita Arena Birmingham jelang All England 2021, Selasa. (dokumentasi PP PBSI)

MerahPutih.com - Tim bulutangkis Indonesia mendapatkan musibah setelah dipaksa mundur dari ajang All England 2021. Kabar buruk ini mendapatkan perhatian dari Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Anggota Komisi X DPR, Illiza Sa'aduddin Djamal mengatakan, kondisi ini membuat peluang Indonesia untuk kembali mengukir prestasi di turnamen bulutangkis tertua ini hilang.

Baca Juga

Dipaksa Mundur dari All England, Tim Indonesia Minta BWF Tanggung Jawab

"Padahal All England 2021 bisa menjadi ajang guna menunjukkan kualitas altet Indonesia yang masih bisa tetap berprestasi di tengah pandemi COVID-19 yang melanda dunia," kata Illiza dalam keteranganya kepada wartawan, Kamis (18/3)

Illiza meminta pemerintah Inggris adil kepada semua atlet dan kontingen dari semua negara. Sebab, ia mendapat informasi ada pemain dari negara lain yang berada di penerbangan yang sama dengan tim Indonesia tetapi pertandingan tetap bertanding di pertandingan berikutnya.

Hal ini menimbulkan kecurigaan, mereka takut sama virus corona atau takut sama tim Indonesia.

"Hingga menggunakan beragam cara untuk menjegalnya karena mulai kelihatan, 3 pertandingan di awal Indonesia menang," jelas Illiza.

Illiza Sa'aduddin Djamal

Ia berharap masalah ini tidak mengecilkan hati dan meredupkan semangat pebulutangkis Indonesia untuk tetap berprestasi di ajang-ajang lainnya.

Atlet sebagai duta bangsa harus tetap punya semangat tinggi untuk bertanding dan mengukukir di turnamen-turnamen internasional.

"Ini guna mengharumkan nama bangsa," tutup wanita yang juga Ketua Umum PB Perpani ini.

Sementara itu, Ketua Umum PBSI Agung Firman Sampurna kesal bukan main saat mengetahui tim Indonesia dipaksa mundur dari All England 2021. Ini disebutnya perlakuan diskriminatif.

Agung Firman tak menyangka hal itu bisa terjadi. Padahal jika melihat protokol kesehatan yang sudah dilakukan tim Indonesia sangat ketat. Baik sebelum berangkat hingga tiba di Inggris.

"Pagi ini saya dapat informasi ya bagaikan disambar geledek, mendapatkan informasi timnas Indonesia dipaksa untuk mundur," kata Agung dalam jumpa pers di Kantor BPK, Benhil, Kamis (18/3).

Ia juga terus komunikasi dengan Menteri Luar Negeri saya harap agar Menlu segera melakukan supervisi.

"Agar paling tidak kita di sana tidak diberlakukan secara diskriminatif. Saya akan buat pesan positif saja, tidak akan mengganggu hubungan antarlembaga antarnegara tapi saya pikir publik perlu tahu fakta-faktanya."

Sebab, menurut Agung, pernyataan tim Indonesia tidak diperbolehkan bermain lagi di All England 2021 karena ada satu pesawat di mana pesawat tersebut ada penderita COVID-19.

Namun sampai dengan hari ini kita tidak diberitahu siapakah penumpang pesawat tersebut yang katanya telah berinteraksi dengan 24 orang.

"Ini tidak masuk akal. Siapa orangnya?" kata dia menyesalkan.

Tak hanya itu, Agung merasa ada perlakukan yang tak adil terhadap tim Indonesia karena pemain serta pelatih Turki yang sejatinya berada satu pesawat dengan Tim Indonesia tetap diperkenankan bermain di lanjutan All England 2021.

"Fakta berikutnya, persiapan di Indonesia sangat maksimal terkait prokes seluruh pemain, pelatih dan ofisial yang berangkat ke inggris bukan hanya dites PCR tapi juga sudah vaksinasi dua kali. Jadi persiapan indonesia sudah sangat baik," katanya. (Knu)

Baca Juga

Indonesia Terpaksa Mundur dari All England

Kanal
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Pelanggaran Protokol Kesehatan Saat Konvoi Kemenangan Persija di Bundaran HI
Olahraga
Pelanggaran Protokol Kesehatan Saat Konvoi Kemenangan Persija di Bundaran HI

Massa pendukung Persija itu sebelumnya berkumpul di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI), Menteng, Jakarta Pusat.

Tanggal Baru Penyelenggaraan AFF Cup 2020
Olahraga
Tanggal Baru Penyelenggaraan AFF Cup 2020

Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) akhirnya mengumumkan tanggal baru penyelenggaraan AFF Cup 2020 setelah ditunda akibat wabah COVID-19.

Kemenpora Minta PSSI tidak Gelar Pertandingan Liga 1 di Zona Merah Corona
Olahraga
Ketua BPK Agung Firman Terpilih Jadi Ketum PBSI 2020-2024
Olahraga
Ketua BPK Agung Firman Terpilih Jadi Ketum PBSI 2020-2024

Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Agung Firman Sampurna terpilih jadi Ketua Umum Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) periode 2020-2024.

Erick Thohir Masuk Bursa Ketum PBSI
Olahraga
Erick Thohir Masuk Bursa Ketum PBSI

nama Erick Thohir itu dimunculkan oleh mantan pebulu tangkis yang juga juara dunia 1993 Joko Suprianto

Liga 1 Belum Dapat Izin Polri, Menpora Buka Suara
Olahraga
Liga 1 Belum Dapat Izin Polri, Menpora Buka Suara

Kelanjutan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 musim 2020 masih gelap. Pasalnya, hingga kini pihak Polri belum memberikan izin keramaian kepada PSSI dan PT Liga Indonesia.

26 Pemain Lolos Seleksi Garuda Select Jilid III
Olahraga
26 Pemain Lolos Seleksi Garuda Select Jilid III

Meski sudah ada 26 nama pemain yang lolos seleksi tahap terakhir, jumlah tersebut masih akan dipangkas dan sebelum akhirnya mereka bakal diberangkatkan ke Inggris.

Honda Hengkang dari F1
Olahraga
Honda Hengkang dari F1

Honda tidak lagi memasok mesin untuk Red Bull Racging dan Alpha Tauri.

Saatnya Lionel Messi Pergi dari Barcelona
Olahraga
Saatnya Lionel Messi Pergi dari Barcelona

Sejatinya, La Pulga dan Barcelona memiliki hubungan erat dalam dua dekade. Pasalnya, Blaugrana menyelamatkan karier Messi saat masih berusia muda.

Yang Terbaik di Piala Menpora 2021
Olahraga
Yang Terbaik di Piala Menpora 2021

Turnamen Piala Menpora 2021 telah berakhir dengan Persija Jakarta menjadi juara 1. Macan Kemayoran meraih trofi serta uang tunai Rp2 miliar.