DPR Baru Ulangi Kegagalan 10 Tahun, Gagal Penuhi Kuota 30 Persen Perempuan Anggota DPR perempuan belum mencapai kuota 30 persen keterwakilan. (ANT)

MerahPutih.com - Kuota 30 persen keterwakilan perempuan di DPR RI Periode 2019-2024 masih gagal tercapai. Untuk itu, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mendorong semua partai politik mengevaluasi regulasi agar kuota itu dapat terwujud lima tahun ke depan.

"Saya mendorong seluruh partai-partai politik untuk melakukan evaluasi dalam pemilihan anggota legislatif perempuan di masa mendatang dan melakukan penguatan regulasi, agar terjadi perbaikan secara signifikan dan komprehensif," kata Bamsoet, sapaan akrab Ketua DPR, dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (18/9).

Baca Juga:

Menteri Sosial Dorong Keterwakilan Perempuan di DPR

DPR
Gedung DPR/MPR/DPD. Foto: net/ist

Sejak aturan kuota 30 persen perempuan ini diusulkan mulai Pemilu 2009 lalu sampai sekarang belum juga terwujud. Mulai dari DPR periode 2009 dan 2014, atau sampai 10 tahun, jumlah wakil rakyat perempuan selalu kurang. Bahkan, hasil pemilu 2019 kemarin, calon anggota legislatif perempuan yang terpilih baru mencapai 20,57 persen dari total 575 kursi DPR RI.

Bamsoet meminta partai-partai politik melakukan berbagai upaya yang dapat mendukung perempuan sebagai anggota legislatif. Dia mencontohkan memberikan dukungan dana kampanye bagi calon anggota legislatif perempuan.

"Langkah itu diharapkan akses bagi perempuan dapat lebih mudah dan dapat memenuhi kuota yang telah ditetapkan," ujar politikus Golkar itu, dikutip Antara.

Bamsoet
Ketua DPR Bambang Soesatyo menjawab pertanyaan saat wawancara khusus dengan LKBN ANTARA. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Caranya, kata Bamsoet, parpol wajib memberikan kesempatan sama pada kaum perempuan, terutama dalam politik praktis, seperti memberikan kesempatan pada perempuan untuk tampil dalam forum-forum tertentu.

"Partai politik harus melakukan kaderisasi dan rekrutmen calon anggota legislatif perempuan agar memiliki kompetensi, kapabilitas, dan kemampuan yang berkualitas sesuai dengan bidang kerja di parlemen," tutup pimpinan DPR itu. (*)

Baca Juga:

Menteri Yohana Ajak Kaum Perempuan Terjun ke Bidang Politik


Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH