DPP PDIP Tunda Pengumuman Calon Kepala Daerah Solo, Ada Apa? Ketua DPD PDIP Jawa Tengah, Bambang Wuryanto (kiri). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP akan mengumumkan rekomendasi delapan daerah kabupaten/kota yang menggelar Pilkada serentak 2020 di Jawa Tengah. Pilkada Kota Solo tidak masuk dalam delapan rekomendasi yang bakal dimumkan langsung oleh Sekjen DPP PDIP, Hasto Krisyanto di Jakarta, Rabu (19/2).

Ketua DPD PDIP Jawa Tengah, Bambang Wuryanto, mengatakan total ada 21 daerah kabupaten/kota di Jawa Tengah yang menggelar Pilkada serentak pada tanggal 23 September mendatang. Namun, baru delapan rekomendasi yang diumumkan DPP PDIP.

Baca Juga

Pilwalkot Solo, PDIP Tak Masalah Jika Lawan Kotak Kosong

"Ya kami sudah diberitahu DPP PDIP kalau tanggal 19 Februari akan diumumkan delapan rekomendasi di daerah kota/kabupaten di Jawa Tengah," ujar Bambang, Selasa (18/2).

Bambang mengatakan kedelapan daerah yang akan diputuskan lebih awal rekomendasinya, yakni Kota Semarang, Kabupaten Grobogan, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Klaten, Kabupaten Sragen, Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Pemalang, dan Kabupaten Demak. Sementara pengumuman rekomendasi calon untuk Pilkada Kota Solo belum akan dilakukan dalam waktu dekat.

"Bakal cawali dan cawawali delapan kabupaten/kota tersebut sudah kita panggil DPP PDIP untuk menjalani fit and proper test dan wawancara," kata dia.

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri saat kampanye di Pilpres di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. (MP/Ismail)
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri saat kampanye di Pilpres di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. (MP/Ismail)

Sekretaris DPD PDIP Jateng, Bambang Kusriyanto, menambahkan delapan paslon yang dipanggil untuk dites wawancara itu kemungkinan besar akan mendapat rekomendasi dari PDIP untuk maju dalam pilkada di daerahnya masing-masing. Sementara pendaftar yang tidak mendapatkan panggilan kemungkinan besar gugur dengan sendirinya.

"Semua bakal cawali dan cawawali yang dipanggil DPP ini peluangnya besar untuk menang di Pilkada. Sementara itu, untuk paslon daerah lain di Jateng kami dapat informasi diputuskan pada pekan depan dan akhir Maret," papar dia.

Baca Juga

Tanggapi Survei Indo Barometer, Gibran Bantah Ditolak Warga di Pilwakot Solo

Ia menambahkan pada pekan depan akan usulkan lima daerah lagi yang diputuskan rekomendasi ke DPP PDIP. Namun, ia masih enggan mengungkap lima daerah tersebut.

Berita ini merupakan laporan Ismail Soli, kontributor merahputih.com untuk wilayah Solo dan sekitarnya. (*)



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH