DPD Sarankan Pemerintah Geser Anggaran PUPR dan Alutsista untuk Tangani COVID-19

Eddy FloEddy Flo - Senin, 23 Maret 2020
  DPD Sarankan Pemerintah Geser Anggaran PUPR dan Alutsista untuk Tangani COVID-19
Ketua Komite I DPD Teras Narang (MP/Ponco Sulaksono)

MerahPutih.Com - Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI meminta pemerintah melakukan penyesuaian anggaran demi mendukung penanganan COVID-19. Hal itu guna memastikan terjaganya kepentingan publik serta masyarakat di daerah di tengah pandemi COVID-19.

"Saya meminta agar pemerintah menimbang anggaran Kementerian PUPR dan belanja alutsista, sebagian dialihkan untuk penanganan Covid19" kata Ketua Komite I DPD Teras Narang dalam keterangannya, Senin (23/3).

Baca Juga:

Petugas Medis Jadi Korban Corona, Pemerintah Dianggap Lalai dan Gagal

Teras mengingatkan agar Kementerian Keuangan tidak memangkas Anggaran Dana Desa. Sebab dalam situasi saat ini, dana tersebut akan bermanfaat bagi desa. Khususnya dalam menghadapi dampak sosial dan ekonomi yang ditimbulkan COVID-19.

DPD minta pemerintah pakai anggaran PUPR dan Alutsista untuk tangani corona
Agustin Teras Narang (Foto: antaranews)

Pria yang pernah memimpin Kalimantan Tengah periode 2005-2015 ini pun meminta agar pemerintah menyusun mekanisme agar pemanfaatan dana desa dapat dialihkan pada sektor kesehatan masyarakat. Hal ini juga sekaligus untuk membangun kesadaran masyarakat atas peran dana desa bagi kepentingan publik.

Secara khusus Teras juga meminta setiap unsur pimpinan daerah agar melakukan hal yang sama mendukung pemerintah pusat mengatasi penyebaran COVID-19. Di antaranya dengan melakukan penyesuaian terhadap APBD agar lebih tanggap pada penanganan COVID-19.

"Dalam hal ini, Gubernur selaku wakil pemerintah pusat, agar melakukan koordinasi, pengawasan dan supervisi terhadap kabupaten dan kota sampai tingkat pedesaan demi memastikan daerah sungguh siap hadapi situasi yang ada," ujarnya.

Terlebih, lanjut Teras, dalam situasi saat ini, perhatian khusus pada tenaga kesehatan yang berada di garda depan, mendesak dibutuhkan. Ketersediaan APD hingga fasilitas kesehatan yang memadai, perlu jadi perhatian pemerintah agar tak perlu tenaga kesehatan mengalami kesulitan dalam memenuhi tanggungjawabnya.

Teras menyesalkan, ada tenaga kesehatan dan masyarakat yang meninggal karena situasi ini. Untuk itu, menurut dia, pemerintah dari pusat hingga daerah perlu melakukan koordinasi intensif dan mengelola anggaran bersama untuk mengatasi penyebaran COVID-19.

Baca Juga:

Pemerintah Harus Berikan Bantuan kepada Warga yang Terdampak Pandemi Corona

Selain itu, DPD juga mendorong agar dilakukan pengawasan terpadu dari tingkat Provinsi, Kabupaten/Kota hingga tingkat RT. Sebab masyarakat pada tingkat desa hingga RT perlu lebih sigap menyikapi situasi ini, agar tak menimbulkan kepanikan.

"Semangat gotong royong masyarakat perlu didorong oleh pemerintah daerah, agar mata rantai penyebaran COVID-19 dapat segera kita putus" pungkasnya.(Pon)

Baca Juga:

Petugas Medis Meninggal Saat Tangani Paaien Corona, Pemerintah Sampaikan Duka

#DPD RI #Virus Corona #Penyakit Corona #Alutsista
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan