DPD PDIP Jateng Buka Peluang Gibran Daftar Pilwakot, Ketua DPC Solo Pasrah Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo. (MP/Ismail)

MerahPutih.Com - Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo menegaskan tidak mempersolkan DPP PDIP mengeluarkan surat edaran (SE) Nomor 918/IN/DPP/XI/2019 tanggal 21 November 2019 perihal Pendaftaran Bakal Calon Kepala Daerah Pilkada Serentak Tahun 2020.

Surat Edaran yang ditandatangani langsung Sekjen DPP PDIP, Hasto Kristiyanto tersebut disampaikan kepada semua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP dan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP yang menggelar Pilkada serentak 2020. Kota Solo sendiri masuk dalam 21 daerah yang menggelar pilkada tahun depan.

Baca Juga:

Cucu Sukarno Diusung Gerindra, Ketua DPC PDIP Solo Ancam Cabut Keanggotaan

"Saya ndak masalah kalau DPP buat SE terkait jalur khusus pendaftaran bakal calon di DPD PDIP dan DPP PDIP di Pilkada serentak. SE itu harus dihargai dan dihormati," ujar Rudy di Solo, Jawa Tengah, Selasa (26/11).

Ketua DPC PDIP Solo FX Hadi Rudyatmo pasrah DPP PDIP intervensi pencalonan kader di Pilwalkot Solo
Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo (MP/Ismail)

Rudy mengaku sampai saat ini belum baca SE dari DPP PDIP itu. Wali Kota Solo ini menegaskan kalau surat itu benar ada pastinya sampai ke DPC. Rekomendasi cawali dan cawawali keputusan ada pada ketua umum Megawati Soekarnoputri.

"Belum terima (SE DPP PDIP) saya. Sebelumnya belum pernah ada aturan itu. Kalau melihat sekilas SE DPP PDIP tersebut dengan ditandatangani Ketua DPP PDIP Jawa Tengah dan Bapilu DPP PDIP sah," kata dia.

Rudy heran dengan adanya SE DPP PDIP itu. Tugas Ketua DPC PDIP Solo dalam melakukan penjaringan di Pilwakot Solo telah selesai. Dimana hasil usulan dari lima Pengurus Anak Cabang (PAC) dan diteruskan ke DPC, menugaskan Achmad Purnomo dan Teguh Prakosa sebagai cawali dan cawawali di Pilwakot Solo.

"Baru kali ini ada SE seperti itu. Selama ini penjaringan ya penjaringan. Calonnya lebih dari satu bisa. Itu pun yang mendaftar bakal calonnya sepasang. saya tdak mau berandai-andai, rekomendasi terserah ketua umum," tutup Rudy.

Baca Juga:

Gibran Bikin KTA, Ketua DPC PDIP Solo: Peluangnya Maju di Pilwalkot Sudah Tertutup

Diketahui dengan adanya SE DPP PDIP tersebut, setidaknya bisa membuat lega Gibran Rakabuming Raka yang berminat maju di Pilwakot 2020. Sebelumnya Gibran berkeinginan maju Pilwakot Solo kewat DPC PDIP Solo, tetapi keburu ditutup. Kini Gibran masih ada kesempatan mendaftar lewat DPD PDIP Jawa Tengah.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Ismail, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Jawa Tengah.

Baca Juga:

PDIP Usung Purnomo, Gerindra Siap Pinang Putra Sulung Jokowi Maju di Pilwakot Solo



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH