DPD Nilai Dana Aspirasi Tidak Sehat

Fredy WansyahFredy Wansyah - Selasa, 16 Juni 2015
DPD Nilai Dana Aspirasi Tidak Sehat
Ketua DPD Irman Gusman (kanan) dan Menteri Perdagangan Rahmat Gobel menjadi pembicara dalam diskusi Forum Senator untuk Rakyat di Jakarta, Minggu (17/5). (Foto Antara/Hafidz Mubarak A)

MerahPutih Nasional - Dana aspirasi sebesar Rp20 miliar yang diusulkan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) berpotensi melahirkan gerakan-gerakan separatis.

"DPD melihat tidak sehat, bisa menimbulkan bibit disintegrasi," kata Ketua DPD RI Irman Gusman di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (16/6).

Pada dasarnya Irman setuju dengan dana aspirasi tersebut. Namun, harus memperhatikan tingkat kesulitan dan kemiskinan daerah.

Pasalnya, apabila DPR memaksakan dana aspirasi dengan ketentuan masing-masing anggota DPR mendapat Rp20 miliar akan menimbulkan kesenjangan. Setiap daerah, memiliki perwakilan di DPR yang berbeda-beda.

"DPR itu nggak seperti DPD, besar atau kecil daerah jumlah anggotanya 4 orang. Kalau DPR semakin besar jumlah penduduknya semakin banyak perwakilannya, Jawa Barat bisa mendapat Rp1,8 triliun, NTT mungkin cuma 7 orang, Kepri 2 orang padahal wilayahnya luas," kata Irman. (mad)

Baca Juga:

Nasdem Tolak Usulan Dana Aspirasi

Takut Masuk Penjara, DPR Ogah Kelola Dana Aspirasi

Ditanya Plesir DPD ke Uzbekistan, Irman Gusman Sewot

#Ketua DPD #DPD RI #Irman Gusman #Dana Aspirasi
Bagikan
Ditulis Oleh

Fredy Wansyah

Bagikan