Downtown Circle, Rancangan Kota Layang Mengelilingi Gedung Tertinggi di Dunia : Downtown Circle mengawinkan komunitas, kemewahan, dan perencanaan kota futuristik dalam desain ambisius. (Foto: Instagram/znera.space)

FIRMA arsitektur eksperimental di Dubai ZNera Space telah mengusulkan desain konseptual yang menampilkan struktur kota melayang, berbentuk melingkar dengan lima lantai dan mengelilingi gedung pencakar langit tertinggi di dunia, Burj Khalifa.

Konsep yang dikenal sebagai Downtown Circle mencoba mengawinkan komunitas, kemewahan, dan perencanaan kota futuristik dalam desain yang sangat ambisius. Konsep kota layang itu telah dihidupkan oleh serangkaian ilustrasi memukau berkat kerja sama dengan Pictown, sebuah perusahaan yang spesialisasi dalam rendering arsitektur.

Arsitek utama ZNera Space Najmus Chowdry dan Nils Remess, membayangkan Downtown Circle sebagai garis horizontal terhadap cakrawala Dubai yang futuristik dari gedung pencakar langit yang tampaknya tak berujung.

Meskipun desain Downtown Circle mungkin menarik dan radikal, desain itu untuk saat ini, secara praktis dan finansial, Chowdry dan Remess mengakui tidak masuk akal.

"Itu dimaksudkan untuk menjadi pembuka percakapan. Sesuatu yang dapat memicu orang untuk memikirkan kembali pembangunan perkotaan, untuk memikirkan kembali kemacetan kota ... Kami menjanjikan kota yang berkelanjutan," kata Chowdry seperti diberitakan CNN (9/9).

"Kami sedang mengerjakan aspek yang sangat penting yang mengangkat diskusi tentang bagaimana kami merencanakan kota. Alasan kami memilih Burj Khalifa adalah karena berada di daerah perkotaan yang sangat padat, dan kami ingin mengatasi masalah yang menyertai populasi kota yang padat," tambah Remess.

Baca juga:

Gedung Sepanjang 170 Km akan Jadi Kota Masa Depan Arab Saudi

Kota layak huni

Downtown Circle, Rancangan Kota Layang Mengelilingi Gedung Tertinggi di Dunia
Kota layang itu akan berada di ketinggian 550 meter di atas permukaan jalan, ditopang dengan lima pilar besar. (Foto: Instagram/znera.space)

Kota layang itu akan berada di ketinggian 550 meter di atas permukaan jalan, akan memiliki struktur melingkar lebih dari tiga kilometer. Cincin itu akan ditopang oleh lima pilar besar yang pondasinya akan mengambil tempat di lahan kosong, yang nantinya berpotensi digunakan untuk tujuan tambahan.

"Kami ingin menciptakan iklim mikro di Downtown dan membuat semacam selubung di sekitar area untuk mengontrol suhu dan membuatnya lebih layak huni dalam cuaca panas. Kamu dapat menggunakan [pilar] vertikal itu sebagai pembersih udara perkotaan," kata Chowdry.

Struktur pilar dapat menggabungkan desain penyaringan asap inovatif yang dibuat oleh ZNera Space, yang terpilih untuk penghargaan World Architecture Festival 2018 dalam kategori 'Experimental Future Project'.

Di Dubai, suhu seringkali melebihi 40 derajat Celcius, dan para arsitek ingin desain mereka menetapkan tolok ukur baru untuk lingkungan alam berkelanjutan di wilayah tersebut.

"Seluruh langit-langit akan menjadi hamparan panel surya. Apa yang juga ingin kami lakukan adalah menerapkan teknologi yang telah kami gunakan dalam proyek sebelumnya, sel hidrogen surya," jelas Chowdry.

Teknologi ini menggunakan energi matahari untuk mengubah air menjadi hidrogen yang kemudian dapat menyalakan AC dan memberikan energi ke gedung. Desainnya disusun untuk menyelaraskan dengan rencana induk optimis Dubai untuk lingkungan perkotaan yang berkelanjutan pada tahun 2040.

Konsep tersebut juga mengusulkan pilihan transportasi dari satu ujung ke ujung lainnya termasuk sistem trem listrik yang dapat mencapai kecepatan 100 kilometer per jam dan infrastruktur untuk mengakomodasi taksi layang.

Baca juga:

Playground Kilang Minyak ala Arab Saudi

Arsitektur ambisius

Downtown Circle, Rancangan Kota Layang Mengelilingi Gedung Tertinggi di Dunia
Fokus interior desain kota layang ini adalah jalur hijau berkelanjutan sebagai masa depan pertanian kota. (Foto: Instagram/znera.space)

Jumlah ambisi arsitektur ini tidak datang tanpa tantangan teknis, seperti menciptakan struktur yang cukup kuat untuk menampung fitur interior, tapi cukup ringan untuk ditopang oleh pilar.

"Strukturnya sendiri cukup ringan. Saya membayangkannya sebagai pesawat (besar), kulit, tulang rusuk, yang menjadi struktur dan di dalamnya semuanya berongga. Tapi kemudian ditopang oleh kolom-kolom ini dan lingkaran cincin. Kami memilih untuk membuatnya melingkar karena ini adalah format struktural yang paling stabil," lanjut Chowdry.

Downtown Circle yang diusulkan, menurut Remess, akan memiliki area perumahan di antara area komersial, kantor, dan area kegiatan budaya untuk membentuk kota mandiri di dalam kota yang komprehensif.

"Jika kamu tinggal di sana, kamu dapat mencapai kantor atau dapat mencapai taman, atau rumah dalam 15-20 menit berjalan kaki. Di Dubai, sulit untuk melakukan itu," ujarnya.

Fokus interior desain kota layang ini adalah jalur hijau berkelanjutan yang dinamai Skypark dan akan menghubungkan kelima lantai. "Skypark adalah tulang punggung utama dari keseluruhan desain," jelas Chowdry.

"Ini akan menjadi ruang hijau serba guna dan juga akan bertindak sebagai ruang untuk memikirkan kembali bagaimana pertanian diterapkan pada masa depan, terutama di kota-kota," tambahnya. (aru)

Baca juga:

Deep Dive Dubai, Kolam Renang Terdalam di Dunia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Natasha Udu Lepas Single Kedua Bertajuk 'MAMONEY'
Fun
Natasha Udu Lepas Single Kedua Bertajuk 'MAMONEY'

Sebuah lagu yang menceritakan kerumitan hidupnya yang selalu bergantung pada materi atau uang.

Saat atau Sehabis Makan, Kapan Waktu Tepat Minum Air?
Hiburan & Gaya Hidup
Saat atau Sehabis Makan, Kapan Waktu Tepat Minum Air?

Membantu pencernaan bekerja dengan baik.

Perayaan Keberagaman dalam 'Cruise to Paradise' di Jakarta Fashion Week 2023
Fashion
Perayaan Keberagaman dalam 'Cruise to Paradise' di Jakarta Fashion Week 2023

"Cruise to Paradise" mengusung percampuran gaya bohemian, kearifan lokal, dan keberagaman.

Game Showcase Ubisoft Digelar September 2022
Fun
Game Showcase Ubisoft Digelar September 2022

Ada sebagian informasi gim akan diumumkan sebelum ajang tersebut dimulai.

Otak Distimulasi dengan Arus Listrik, Perbaiki Daya Ingat?
Fun
Otak Distimulasi dengan Arus Listrik, Perbaiki Daya Ingat?

Mengirim arus listrik ke dua bagian otak untuk menyimpan dan mengingat informasi.

Rambut Ubur-Ubur Menyusul Popularitas Rambut Serigala
Fashion
Rambut Ubur-Ubur Menyusul Popularitas Rambut Serigala

Potongan ubur-ubur menambah tren gaya rambut.

Teknologi Terdepan akan Diperkenalkan di Event SIAL Interfood
Fun
Teknologi Terdepan akan Diperkenalkan di Event SIAL Interfood

SIAL Interfood juga menghadirkan teknologi di bidang Food and Beverage.

Ada 4 Fitur Baru Spotify di Mobil dan Cara Menggunakannya
Fun
Ada 4 Fitur Baru Spotify di Mobil dan Cara Menggunakannya

Penambahan fitur baru ini memungkinkan pengguna untuk mengontrol media di luar Spotify

Hanin Dhiya Rilis Lagu Penuh Makna
ShowBiz
Hanin Dhiya Rilis Lagu Penuh Makna

Single bergenre pop ballad ini bercerita soal toxic relationship.

Tampil Mewah dan Elegan, Dewi Fashion Knights Hadirkan Koleksi Luxe Ready To Wear
Fashion